Peregangan Saat Bangun Tidur Ternyata Sangat Baik Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Apa yang akan anda lakukan begitu bangun tidur? Kemajuan teknologi membuat banyak orang yang langsung memegang ponsel dan mengecek media sosial begitu bangun tidur atau setidaknya bermalas-malasan di atas kasur terlebih dahulu. Meskipun tidak ada yang salah dari melakukan hal-hal tersebut, sebenarnya ada baiknya kita melakukan peregangan begitu bangun tidur. Mengapa? Pakar kesehatan ternyata menyebutkan jika melakukan peregangan saat bangun tidur ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan mempersiapkan diri untuk melakukan berbagai aktifitas.

doktersehat-wanita-seksi-ngolet-stretch

Pakar kesehatan dari Harvard University bernama Amy Cuddy menyebutkan jika Ia sangat merekomendasikan siapapun untuk melakukan stretching atau peregangan saat bangun tidur karena akan mampu mempengaruhi pikiran dan emosi kita. Meskipun terlihat sederhana, hal ini ternyata bisa kita memiliki kepercayaan diri yang baik untuk melakukan aktivitas selama seharian penuh. Mengapa hal ini bisa terjadi? Cuddy menyebutkan jika pada saat tidur, kita bisa mengalami posisi tidur yang sangat bervarisi. Sebagai contoh, mereka yang tidur dengan kondisi yang meringkuk layaknya janin, maka mereka akan memiliki resiko besar untuk terbangun dengan kondisi pikiran yang stres. Dengan melakukan peregangan, maka stres ini bisa dienyahkan dan emosi kita menjadi jauh lebih baik.

Kita bisa melakukan peregangan dengan mudah, baik itu di atas tempat tidur atau di lantai dekat kasur. Gerakkan tangan ke atas atau gerakkan badan ke kanan dan kiri dan saat berdiri, lakukan gerakan menekuk tubuh ke atas dan ke bawah. Jika perlu, lakukan gerakan layaknya slit atau sit up yang bisa membuat persendian menjadi lebih lemas dan nyaman.

Pakar kesehatan lain, Lynn Millar, PhD, yang merupakan terapis fisik dari Winston Salem State University, menyebutkan jika peregangan sangatlah direkomendasikan untuk dilakukan saat bangun tidur. Andai kita sulit melakukannya setiap hari, setidaknya lakukan dua hingga tiga kali dalam seminggu dalam waktu satu hingga dua menit saja. Menurut Miller, peregangan akan sangat baik bagi otot dan memperbaiki masalah postur tubuh, khususnya bagi mereka yang sering mengalami kram atau sakit punggung.