Perdarahan Vagina – Ulasan Singkat

Perdarahan vagina adalah perdarahan pada vagina berlebihan atau berkepanjangan yang terjadi pada waktu siklus menstruasi reguler. Dalam istilah medis perdarahan vagina ini dikenal dengan menorrhagia. Perdarahan tak terduga selalu menjadi perhatian seorang wanita pada setiap tahap kehidupan. Perdarahan selain periode menstruasi yang normal dan bahkan saat periode menstruasi namun terlalu banyak darah menjadi alarm. Metrorrhagia adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada perdarahan uterus pada interval yang tidak teratur, terutama di antara periode menstruasi (bukan ketika periode menstruasi). Menometrorrhagia adalah kombinasi keduanya, yaitu perdarahan uterus yang berlebihan, baik pada periode menstruasi biasa maupun pada waktu lainnya ketika tidak sedang menstruasi.

doktersehat-Gonore-Kencing-Nanah-keputihan-celana-dalam-vagina

Gambaran umum perdarahan vagina abnormal
Perdarahan vagina yang tidak normal adalah perdarahan yang terjadi di luar waktu haid yang diharapkan. Perdarahan vagina yang tidak normal bisa meliputi:

  • Perdarahan yang berlebihan atau berat
  • Periode haid yang lebih lama
  • Perdarahan atau bercak di antara 2 periode
  • Periode menstruasi yang terjadi terlalu sering
  • Perdarahan setelah berhubungan seks
  • Perdarahan setelah menopause, atau
  • Perdarahan vagina selama kehamilan

Wanita yang tidak berovulasi secara teratur mungkin mengalami perdarahan vagina yang tidak normal. Ada banyak penyebab perdarahan vagina, dan pengobatan tergantung pada penyebabnya. Penting untuk mengunjungi profesional perawatan kesehatan untuk setiap perdarahan vagina yang abnormal. Wanita yang mendekati menopause mungkin mengalami menstruasi yang tidak teratur atau mungkin akan kehilangan menstruasi. Hal ini bisa dimulai beberapa tahun sebelum menopause yang sebenarnya.

Apa itu perdarahan vagina yang abnormal?
Penting untuk memahami dengan pasti apa yang menyebabkan perdarahan, asal (rahim, vagina, atau organ atau jaringan lainnya), dan untuk membuat keputusan tentang bagaimana mengendalikan atau menghentikan perdarahan.

  • Siklus menstruasi normal seorang wanita melibatkan serangkaian kejadian hormonal yang kompleks. Telur dilepaskan dari indung telur; Baik sel telur dibuahi oleh sperma dan implan di rahim, maupn lapisan rahim keluar setiap bulan seperti periode menstruasi. Penumpahan darah ini menyebabkan perdarahan menstruasi normal.
  • Siklus menstruasi yang normal adalah 28 hari +7 hari (21-35 hari).
  • Periode haid umumnya berlangsung dari 2-7 hari dan memiliki volume darah dan cairan lain yang keluar sekitar 2-8 sendok makan. Ini sesuai dengan sekitar delapan atau lebih pembalut per hari dengan biasanya tidak lebih dari 2 hari perdarahan berat.