Percakapan dokter THT dan pasien

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Pada suatu hari ada seorang pasien yang mengeluh kesakitan akibat telinganya kemasukan kacang hijau. Inilah percakapan antara pasien dan dokter di suatu rumah sakit.

Pasien : “Dok, telinga saya kemasukan kacang hijau.”

Dokter : “Coba saya periksa dulu.”

Sesaat kemudian dokter memeriksa telinga pasien yang kemasukan kacang hijau. Tapi, ternyata kacang hijaunya sulit diambil.

Dokter : “Wah, kacang hijaunya susah diambil sepertinya telinga Anda harus dioperasi.”

Pasien : “Berapa biayanya, Dok?”

Dokter : “2 juta!”

Pasien : “Mahal amat! Ada cara lain yang lebih murah atau gratis gak, Dok?”

Dokter : “Ada, mau yang gratis?”

Pasien : “Mau, Gimana, Dok?”

Dokter : “Tapi, cara ini membutuhkan kesabaran ekstra.”

Pasien : “Yang penting kacang hijaunya bisa keluar dari kuping. Caranya gimana, Dok?”

Dokter : “Sirami telinga Anda sehari 2 kali.. Jika kacang hijaunya sudah jadi TOGE silahkan tarik keluar…..”

Sumber: lucubanget.net

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. dr. Vanny Bernadus

    bisa diperbaikin dengan timpanoplasty. konsultasikan dengan dokter THT. trims

  2. jefri

    selmat siang. mohon solusinya dok. anak saya telinga nya sakit dan kurang dengar klw orng lagi ngomong, trus telinga nya keluar lendiran putih kental. tpi telinga gk berbau. jika ada solusi dok tolong informasih nya y, trimakasih dok

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi,
      sudah berapa lama keluhan dirasakan? apakah ada batuk pilek sebelumnya?
      dari yang anda katakan kemungkinan anak anda mengalami infeksi teling bagian tengah dan untuk mendiagnosis pasti harus dilakukan pemeriksaan telinga oleh dokter setempat.
      segera konsultasikan ke dokter setempat agar tidak terjadi komplikasi.
      terimakasih

  3. Marini Naibaho

    sore dok,,

    dokter tonsil saya membengkak sudah lama, bahkan bertahun tahun tetapi saya tidak merasakan sakit. akhir-akhir ini daya tahan tubuh saya berkurang, berat badan saya menurun dan nafsu makan juga dok. saya sudah konsultasi ke tht, katanya tonsil saya harus diangkat dok. apa yang harus saya lakukan dok, apa saya harus angkat tosil. jika memang harus diopersai efek samping apa dok? mohon solusi ya dok,,,,

    trima kasih

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat malam,
      bila memang sudah indikasinya, pengangkatan tonsil harus dilakukan. tidak ada komplikasi yang berat terkait dengan tindakan pengangkatan tonsil.
      terimakasih

  4. Windy

    Selamat pagi dok,

    Dok ayah saya tahun kemarin sudah melakukan operasi pengangkatan daging yang tumbuh didalam hidung kirinya dan hasil kesimpulannya : Karsinoma sel skuamous non keratnizing,
    tetapi sampai sekarang sisa2 dagingnya berukuran kecil terkadang keluar dari hidung kirinya dan sekarang ini ayah saya mengalami sedikit gangguan ditelinga kirinya. Apakah karsinoma sel skuamous non keratnizing itu berbahaya dok? mohon informasinya dok terimakasih..

    1. dr. Eko B

      Selamat malam Windy
      sebaiknya ayah anda kembali kontrol ke Dokter Spesialis THT yang mengoperasi
      perlu dilakukan pemeriksaan ulang untuk mengetahui adakah penyebaran dari kanker karena karsinoma sel skuamous merupakan keganasan yang cepat menyebar (metastase)

      bila sudah terjadi penyebaran perlu dilakukan kemoterapi
      terima kasih

    1. dr. Eko B

      Selamat malam Windy
      dari mana anda mendapatkan hasil pemeriksaan tersebut? apkah dilakukan pemeriksaan histopatologi (PA)

      Karsinoma sel skuamous non keratinizing meupakan salah satu keganasan yang dapat menyebar (metastase) dengan cepat
      sebaiknya segera kontrol ke dokter yang merawat anda untuk tatalaksana lebih lanjut
      terima kasih

  5. Marwan Juhadi ElMessiah

    Selamat malam dok…maaf sblumnya mengganggu,,kalo boleh sy minta saran dan penjelasannya…
    Begini dok,saya sudah 1 minggu lebih ada sariawan di bibir sama lidah terasa kering dan ada bintik merah nua..sebelumnya sempat demam sih dan skarang cuma terasa pusing nya saja…sariawan nya sih sudah gk terlalu perih ,cuma ingin tau aja…takutnya klo d biarin jadi serius…
    Sy sudah ke dokter umum,trus sy tanya tentang sariawan katanya panas dalam biasa tapi tetap harus di obati biar gk tambah banyak…sy masih penasaran klo blum konsultasi sama spesialisnya…mohon pencerahannya dok…mkasih

    1. dr. Eko B

      Selamat malma marwan
      sariawan yang anda alami dapat disebabkna karena kekurangan vitamin C atau daya tahan tubuh yang melemah

      anda tidak perlu khawatir berlebihan, sariawan yang perlu dicurigai berbahaya bila berbulan-bulan tidak kunjung sembuh dan mudah berdarah

      untuk saat ini silakan perbanyak minum air putih dan makan buah buahan yang mengandung vitamin C
      terima kasih

  6. Satria Desire Freedom

    selamat pagi dok
    beberapa hari lalu saya melakukan pemeriksaan ke dokter tht karena mengalami keluhan telinga saya tersumbat
    karena sebelumnya saya menggunakan cotton bud untuk membersihkan ktoran dtelinga saya
    stelah slesai ditangani oleh dokter karena terdapat penumpukan ktoran ditelinga saya
    tapi sudah dibersihkan oleh dokter tht
    dan saya diberikan resep untuk membeli obat amoxsan 500mg
    namun sampai sekarang obat yg diberikan sbnyak 10 butir pil yg dikonsumsi 3×1 udh hampir habis namun telinga saya masih sakit

    terima kasih sblmnya dok

    1. dr. Eko B

      Selamat siang Satria
      apakah disertai demam?
      apakah keluar cairan dari telinga?

      keluhan yang anda alami dapat disebabkan karena kotoran yang menyumbat telinga biasanya keras dan melekat erat sehingga saat dikeluarkan dapat terjadi lecet pada rongga telinga

      silakan kontrol ke Dokter Sp.THT yang merawat anda
      Terima kasih

  7. Satria Desire Freedom

    kondisi saya baik2 saja dok
    hanya saja kurang nyaman saat saya mengunyah makanan telinga jadi ikut sakit
    saat tidur dlm posisi miring juga sakit dan jika tlinga dpegang/bersentuhan jga sakit.
    apa mngalami pembekakan ya dok?
    tp yg sakit hanya bagian kanan, krna yg tersumbat hnya bgian kanan saja namun yg kiri jga dbersihkan tp tdak sakit sma skli.
    stelah dbersihkan dokter , keesokan hrinya keluar sdkit cairan
    apa obt yg diberikan kurang ccok dok?

    1. Dokter Eko B

      Selamat pagi satria
      keluhanyang anda alami masih wajar dalam proses penyembuhan setelah pengobatan

      memang setelah dibersihkan dapat terasa sedikit sakit
      silakan kontrol kembali bila masih ada keluhan
      terima kasih

  8. Riank Rifaldy

    selamat malam Dok? gini dok, awalx sy bangun tidur trus telinga sy serasa sakit dan kayak tersumbat, trus 2 hari kemudian sy kedokter tht, trus dibersihin, kotoran telinga sy keluar semua! sakitx hilang tp pendengaran tdk berubah tetap aja kayak tersumbat dan berdengung tiada henti, kata dokter tht sebntar membaik kok dan kembali normal, tp nyatanya sampai sekrang tdk ada perubahan, dan udah 2 hari sy pake obat tetes tellinga forumen dan blom ada jg perubahan, kerja menurun dan aktifitas terganggu! mohon konsultasinya Dok, makasih!

    1. Dokter Eko B

      Selamat malam Riank
      apakah pernah keluar cairan dari telinga anda?
      keluhan yang anda alami dapat disebabkan karena gangguan saraf telinga
      silakan kontrol kembali ke dokter yang merawat anda
      terima kasih

  9. Ari

    Selamat malam Dok…
    Dok, saya ingin bertanya, saya sering sekali mengorek kuping dgn cotton bud,, bahkan hampir setiap hari, saking seringnya, sedalam apa pun saya masukan cotton bud tersebut, telinga sy tidak merasa sakit…
    Dan akhir2 ini tiba sy merasakan sakit dan nyeri pada telinga bagian kiri sy,, sampai2 gigi blakang sy pun ikut trasa sakit… yg saya ingin tanyakan, apa solusi Obat yg bisa sy gunakan.
    Terimakasih.

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat malam,
      kemungkinan anda mengalami infeksi telinga luar.
      untuk memastikan diagnosis harap melakukan pemeriksaan langsung ke dokter terdekat
      terimakasih

  10. erwin eriawandi

    Assalamualaikum dok…
    Hidung saya sudah tersumbat hampir 3 tahun. Terkadang kiri atau kanan. Apa penyebabnya dok??
    Dan apa solusi nya dok? Saya cemas.

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat malam ibu,
      Terimakasih bapak/ ibu telah mengirimkan pertanyaan, untuk konsultasi harap melalui fitur konsultasi kami di: http://doktersehat.com/tanya-dokter/
      Hal ini supaya kami dapat menjaga privasi anda dan menjawab anda dengan lebih baik.

      boleh diceritakan kapan terjadi hidung tersumbat? apa anda sering menggunakan obat semprot hidung? apakah ada keluhan batuk pilek?
      terimakasih

  11. Yadi Sutisna

    Selamat Malam Dok
    Saya Kalau Meroko Suka Membuang. Ludah Terus Knp Ya Dok ??

Leave a Comment

Isi Angka Dibawah Untuk Menghindari Spam *