Perbedaan Tumor dan Kanker serta Tingkat Penyebarannya

DokterSehat.com– Data organisasi kesehatan Dunia WHO, telah menunjukkan bahwa jumlah penderita kanker bertambah 6,25 juta orang setiap tahunnya. Dua per tiga dari penderita kanker di dunia akan berada di negara-negara yang sedang berkembang. Dan untuk memperingati serta mengingatkan akan bahaya penyakit ini, tanggal 4 Februari dijadikan sebagai hari kanker sedunia.

11

Kanker merupakan jenis penyakit yang diakibatkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal yang berubah menjadi sel kanker. Pada perkembangannya, sel-sel tersebut dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya, sehingga dapat menyebabkan kematian. Pada awalnya, kanker merupakan benjolan kecil yang semakin lama dapat tumbuh dan menyebar. Seringnya penyakit ini disebut juga sebagai tumor. Sebenarnya kanker dan tumor merupakan istilah yang berbeda. Tidak semua tumor merupakan kanker. Tumor adalah semua jenis benjolan tidak normal atau abnormal yang bukan radang. Tumor ini memiliki dua golongan, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Jenis tumor ganas inilah yang digolongkan sebagai kanker.

Jika pada tumor jinak, sel tumbuh dengan lambat  dan tidak cepat membesar. Sel tumor ini telah mendesak jaringan sehat di sekitarnya secara serempak hingga terbentuk simpai, yaitu serabut pembungkus yang memisahkan jaringan tumor dari jaringan sehat. Karena bersimpai inilah maka tumor jinak pada umumnya mudah untuk dikeluarkan melalui proses operasi.

Sedangkan pada tumor ganas atau kanker tumbuh dengan cepat. Sehingga tumor jenis ini semakin cepat membesar dan menyebar. Sel tumor ganas tumbuh menyusup ke jaringan sehat di sekitarnya. Hal ini dapat dianalogikan seperti kepiting dengan kaki-kanya yang mencengkeram bagian tubuh yang terkena. Selain itu kanker juga dapat membuat metastasis atau ‘anak sebar’ ke bagian alat tubuh lain yang jauh dari tempat asalnya melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening. Sehingga dapat tumbuh kanker baru di tempat lain. Penyusupan sel kanker ke jaringan sehat pada bagian tubuh lainnya dapat merusak bagian tubuh tersebut, sehingga fungi bagian tubuh tersebut menjadi terganggu.

Baca Juga:  Ciri-ciri Kanker Otot

Semua jenis kanker memang dapat menyerang semua bagian tubuh manusia, yang juga tidak mengenal umur. Kanker dapat menyerang pada pria dan wanita, serta anak-anak. Namun lebih seringya pada orang yang dewasa yang menginjak umur 40 tahun ke atas. Hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dan proses menua atau kemunduran pada sel.