Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

DokterSehat.Com – Dikarenakan kita tinggal di negara yang sangat kaya dengan sinar matahari, maka kita pun juga harus pandai-pandai merawat tubuh, khususnya kulit kita. Pakar kesehatan menyebutkan jika paparan sinar ultraviolet dari sinar matahari bisa menyebabkan masalah kanker kulit. Untuk menghindarinya, kita tentu bisa memakai pelindung berupa payung, jaket, hingga sarung tangan atau bahkan kaus kaki. Selain itu, banyak wanita yang juga memakai tabir surya yang bisa dioleskan ke kulit. Yang menjadi masalah adalah, terdapat dua jenis tabir surya yang tersedia di pasaran; sunblock dan juga sunscreen. Apakah kedua jenis tabir surya ini memiliki perbedaan fungsi bagi perlindungan kulit kita?

doktersehat-kulit-keriput-sinar-ultraviolet-kanker

Selain berdiri sendiri sebagai krim oles, banyak produk kecantikan yang sudah mengandung lapisan tabir surya pada produk kecantikannya layaknya pada body lotion. Sunscreen dan sunblock ternyata memang memiliki perbedaan cukup kentara, khususnya dalam hal bahan yang digunakan. Jika kita memakai sunscreen, maka sunscreen yang telah dioleskan pada kulit akan cenderung tidak terlihat dengan mata atau transparan karena bahannya yang cenderung meresap pada kulit. Sementara itu, krim sunblock justru akan terlihat lebih tebal dan setelah dioleskan akan terlihat layaknya lapisan krim pada kulit. Uniknya, meskipun transparan, sunscreen justru akan lebih susah untuk dibersihkan jika dibandingkan dengan sunblock.

Sunscreen sendiri akan memberikan perlindungan pada kulit dari sinar radiasi ultraviolet UV, khususnya sinar UVB. Berbeda dengan sunscreen, sunblock dapat melindungi kulit dari paparan radiasi sinar UVA dan UVB sekaligus. Paparan sinar UVA sendiri bisa membuat kerusakan kulit dengan permanen dan bahkan dalam beberapa kasus, DNA bisa ikut mengalami kerusakan sehingga kulit pun menjadi gelap dan meningkatkan resiko terkena kanker kulit. Sementara itu, sinar UV justru lebih membuat efek buruk berupa kulit keriput, kulit terbakar, rasa nyeri, dan juga tanda-tanda penuaan kulit.

Baca Juga:  Mengisi Ulang Botol Air Minum Ternyata Membuatnya Penuh Dengan Kuman

Saat anda memilih sunscreen maupun sunblock, pastikan jika anda memilih produk yang memiliki kandungan SPF atau sun protecting factor. Pakar kesehatan menyebutkan jika kandungan SPF 20 sudah cukup aman untuk melindungi kulit dari paparan berbahaya sinar matahari yang bisa merusak kulit.