Perbedaan Infeksi Virus Zika Dengan Gejala DBD

DokterSehat.Com – Penyebaran virus zika telah mencapai tahap yang sangat mengkhawatirkan di beberapa belahan dunia, khususnya yang berada di negara-negara Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Berita terbaru bahkan cukup menghebohkan karena seseorang ditemukan terinfeksi virus zika karena aktifitas seksual, bukan lagi karena gigitan nyamuk aedes aegypti yang juga bisa membuat wabah penyakit berbahaya layaknya demam berdarah. Hal ini berarti resiko penyebaran infeksi virus zika pun menjadi lebih besar dari sebelumnya.

doktersehat-Ehrlichiosis-bakteri-kutu

Masyarakat tanah air masih belum benar-benar mengenali tanda-tanda virus zika karena memang penyakit ini belum dikenal luas secara umum. Menurut pakar kesehatan, infeksi virus zika ternyata juga memiliki gejala yang mirip dengan demam berdarah dengue berupa demam yang sangat tinggi. Hanya saja, ada beberapa perbedaan mendasar gejala dari kedua penyakit ini yang bisa dijabarkan sebagai berikut.

Seseorang yang terkena virus zika memang memunculkan gejala demam, hanya saja, infeksi virus zika ternyata cenderung membuat demam yang tidak terlalu tinggi. Hanya saja, penderitanya akan cenderung mengalami sakit kepala dan mata yang sangat memerah karena peradangan pada konjungtiva. Kulit pada bagian badan, kaki, dan punggung penderita virus zika juga akan kemerahan dan disertai dengan nyeri otot dan sendi. Selain itu, penderitanya akan cenderung merasa sangat lemas. Infeksi virus zika tidak akan mempengaruhi kadar trombosit dalam tubuh namun akan menurunkan sel darah putih dengan signifikan.

Berbeda dengan infeksi virus zika, gejala dari penyakit demam berdarah dengue justru akan menurunkan kadar trombosit hingga sangat rendah. Selain itu, demam pada penderita demam berdarah dengue sangatlah tinggi dan sakit kepala bisa terasa sangat hebat. Gejala lain dari penyakit ini adalah munculnya bintik-bintik merah pada kulit dan terjadi mual dan muntah-muntah karena adanya pendarahan di perut. Jika anda mengalami gejala-gejala penyakit tersebut, segera periksakan kondisi anda ke dokter karena kedua jenis penyakit ini sangatlah berbahaya dan bahkan bisa memicu kematian.