Perbedaan Akupuntur Tanam Benang dan Akupuntur Biasa di Wajah

DokterSehat.Com – Perkembangan teknologi dalam kecantikan yang cukup pesat belakangan ini, melahirkan banyak alternatif metode perawatan mulai dari filler, Botox dan yang terbaru adalah tanam benang. Masing-masing perawatan ini memiliki keunggulan yang dapat membuat penampilan menjadi lebih sempurna.



Tanam benang atau yang sering juga disebut dengan thread lifting adalah sebuah metode kecantikan dengan menggunakan benang yang dimasukkan ke dalam kulit. Perawatan ini berfungsi untuk mengencangkan, mencerahkan dan meremajakan kulit.

Berikut beberapa jenis dan macam perbedaan akupuntur tanam benang dan akupuntur biasa di wajah yaitu :

  1. Stimulasi
    Pemberian teknik stimulasi dengan teknik akupuntur biasa, idealnya harus dilakukan secara rutin untuk menjaga, mempertahankan dan memaksimalkan kinerja hormon dan enzym dalam metabolisme tubuh, misalnya setiap 2 minggu atau setiap bulan. Penggunaan teknik akupuntur penanaman benang ini tidak memerlukan rangsangan stimulasi secara periodik, karena benang yang tertanam dalam tubuh akan memberikan rangsangan stimulasi secara otomatis.
  1. Bentol atau lenting
    Penggunaan teknik penanaman benang pada wajah bisa saja menimbulkan bekas bentol atau lenting hingga periode 4 minggu pasca penanaman benang, sehingga bisa saja mengganggu estetika kecantikan dan penampilan. Berbeda halnya dengan penggunaan teknik akupuntur biasa yang tidak mengakibatkan timbulnya bentol, sehingga estetika penampilan tetap terjaga.
  1. Kontra indikasi
    Namun demikian, tidak semua orang dapat melakukan terapi akupuntur tanam benang ini, karena terdapat beberapa pantangan yang tidak boleh dilanggar. Beberapa pantangan yang tidak boleh dilanggar antara lain mereka yang memiliki kondisi fisik lemah atau mudah terserang penyakit, penderita jantung dan diabetes, hipertensi, mudah terserang keloid atau bahkan wanita yang sedang hamil, menyusui atau sedang datang bulan. Beberapa jenis pantangan atau kontra indikasi ini rentan menimbulkan gejala serangan gangguan kesehatan.
Baca Juga:  Cacingan

Demikianlah beberapa jenis dan macam perbedaan akupuntur tanam benang dan akupuntur biasa di wajah yang sebaiknya perlu diketahui ketika hendak memilih jenis terapi pemeliharaan dan perawatan kecantikan dengan metode akupuntur, berkonsultasi terlebih dahulu dengan praktisi akupuntur yang berpengalaman sebaiknya dilakukan agar metode akupuntur yang akan dilakukan tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan.