Perbaiki Kesehatan Anda dengan Melakukan Ini Selama 30 Menit

main-di-taman-doktersehat
Photo Credit: bastyr.edu

DokterSehat.Com– Masyarakat kita sering mengatakan bahwa “kesehatan itu mahal harganya” Begitupun pengobatan untuk sebuah penyakit. Lantas ada cara lain yang terjangkau oleh semua kalangan masyarakat? tentu saja ada.

Salah satunya berkebun, kegiatan adalah antidepresan yang hebat. Alam adalah untuk dilihat, ada sesuatu manfaat di balik keindahannya untuk menyembuhkan.

Tapi jika Anda tidak mau mengotori tangan atau takut serangga, Anda tetap bisa menuai manfaat yang ditawarkan alam. Ada begitu banyak penelitian yang menunjukkan bahwa alam sangat mermanfaat untuk kesehatan Anda.

Sebuah studi yang diterbitkan 2013, seperti dikutip dari Natural Society, menunjukkan bahwa rekreasi di luar ruangan dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih tinggi di antara veteran militer.

Studi lain yang diterbitkan pada Juli 2015 mengungkapkan bahwa orang-orang yang berjalan-jalan di alam untuk menghabiskan sedikit waktu untuk merenungkan pembicaraan pribadi yang negatif, dibandingkan dengan orang-orang yang berjalan di sepanjang jalan sibuk di California.

Baru-baru ini, para periset di University of Queensland (UQ) dan Australian Research Council untuk Center of Excellence for Environmental Decisions (ARC CEED) menemukan bahwa hanya berjalan di sekitar taman selama setengah jam dapat memperbaiki kesehatan fisik dan mental.

Temuan itu penting, karena ini adalah studi pertama yang merekomendasikan jumlah minimum waktu yang harus dikeluarkan orang di luar rumah.

“Kami sudah lama tahu bahwa mengunjungi taman bagus untuk kesehatan kita, tapi sekarang kita mulai menentukan berapa banyak waktu yang harus kita habiskan di taman untuk mendapatkan manfaat ini,” kata Richard Fuller, Profesor di UQ.

“Kami memiliki bukti khusus bahwa kami memerlukan kunjungan rutin minimal setengah jam untuk memastikan mendapatkan keuntungan ini,” dia menambahkan.

Untuk penelitian yang dipublikasikan di Nature Scientific Reports, peneliti menganalisis data dari 1.538 penduduk di Brisbane City, Australia, membandingkan jumlah waktu yang mereka habiskan di alam dengan empat hasil kesehatan.

Tim menemukan bahwa, secara keseluruhan, durasi yang lebih lama dihabiskan di alam mengakibatkan peningkatan aktivitas fisik, dan prevalensi tekanan darah tinggi dan depresi yang rendah dengan rata-rata 30 menit di luar.

Berdasarkan analisis mereka, para peneliti memperkirakan bahwa pengeluaran minimal 30 menit di luar bisa mengurangi jumlah depresi sebesar 7 persen dan jumlah penderita tekanan darah tinggi sebesar 9 persen.

Sekitar 40 persen penduduk di Brisbane tidak mengunjungi taman atau ruang terbuka lainnya setiap minggu, namun para periset tidak berpikir akan sulit untuk membuat orang melakukannya.

“Kami membutuhkan lebih banyak dukungan dan dorongan untuk kegiatan masyarakat di alam. Misalnya, program Nature Play di Queensland, Australia Barat dan Australia Selatan memberikan banyak gagasan untuk membantu anak-anak menikmati alam bebas di luar rumah,” Danielle Shanahan mengatakan.

“Jika setiap orang mengunjungi taman lokal selama setengah jam setiap minggu, akan ada tujuh persen lebih sedikit kasus depresi dan sembilan persen lebih sedikit kasus tekanan darah tinggi,” tambahnya.

Mengingat bahwa biaya sosial depresi sendirian di Australia diperkirakan mencapai 12,6 miliar dolar setahun, penghematan anggaran kesehatan masyarakat di semua hasil kesehatan bisa sangat besar.

Hanya berada di dekat ruang hijau telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik.

Orang yang tinggal di daerah perkotaan lebih rentan terhadap stres, depresi, dan bentuk penyakit jiwa lainnya. Faktanya, orang yang tinggal di kota memiliki risiko gangguan kecemasan 20 persen lebih tinggi, dan 40 persen lebih tinggi berisiko mengalami gangguan mood dibandingkan orang yang tinggal di daerah pedesaan.

Taman adalah cara yang paling jelas bagi kaum urban untuk keluar dan menikmati alam, namun berkebun di perkotaan telah meledak dalam popularitas karena lebih banyak penduduk kota memilih menggunakan sedikit ruang untuk menanan pohon buah dan sayuran mereka sendiri.

Jika Anda tidak punya waktu untuk mencurahkan di taman kota, atau halaman untuk berjemur, hanya berjalan-jalan di taman seminggu sekali dapat meningkatkan kesehatan Anda dengan cara yang ampuh.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik