Perbaiki Diet Anda dengan Almond

DokterSehat.Com – Kacang, si kecil yang kaya nutrisi. Jenis kacang bermacam-macam dan semuanya nikmat. Direbus, dipanggang, digoreng, atau dimasak dengan saus apapun, pasti selalu ada mulut yang siap melahap. Kacang almond mungkin masih jarang dikonsumsi di Indonesia. Walaupun begitu, saat ini almond cukup mudah didapat baik di toko kue, supermarket, hingga toko online. Dan ternyata, almond memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

doktersehat-kacang-almond-diet

Selain mengandung protein yang baik sebagai zat pembangun tubuh, almond ternyata mengandung banyak sekali nutrisi lain yang penting bagi tubuh. Sebut saja vitamin E, kalsium, fosfor, magnesium, zink, selenium, tembaga, dan niasin. Dibandingkan dengan kacang lainnya, almond mengandung paling banyak zat bergizi. Yang Anda butuhkan untuk mendapatkan manfaat ini hanyalah 14 gram almond per hari atau 8-10 biji almond. Anda bisa langsung mengunyahnya atau tambahkan dalam salad atau makanan sehari-hari.

Alyssa Burn, peneliti dari Universitas Florida AS, mengatakan, “Almond adalah sumber protein yang baik, serta asam lemak esensial, vitamin E, dan magnesium. Dalam penelitian yang dilakukan selama 14 hari, peneliti memberikan almond kepada 29 pasang orang tua dan anak. Sebagian besar orang dewasanya adalah ibu dengan usia rata-rata 35 tahun dan anak-anak rata-rata berusia 6 tahun.

Anak-anak diberikan 14 gram selai almond setiap hari dan orang tua diberikan 14 gram almond per hari. Baik orang tua maupun anak harus mengisi diet recall secara online mengenai apa saja yang dimakan dan berapa banyak setiap harinya untuk dinilai kualitas dietnya menggunakan Healthy Eating Index (HEI) yang merupakan alat untuk menentukan kualitas diet berdasarkan Dietary Guidelines for America.

Hasilnya, ketika orang tua dan anak mengkonsumsi almond, HEI  nya meningkat untuk total protein dan asam lemak, serta kalori lebih rendah. Untuk semua komponen, skor yang lebih tinggi mengindikasikan kualitas diet yang lebih baik. Ketika orang tua dan anak mengkonsumsi almond, HEI nya meningkat dari 53,7 ke 61,4. Tercatat bahwa orang tua dan anak mengkonsumsi  vitamin E dan magnesium lebih banyak saat mengkonsumsi almond.

Baca Juga:  Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Teh Hijau

Sumber: India Today