Perawatan Wajah Sesuai Jenis Kulit

DokterSehat.Com – Untuk memperoleh kulit tang sehat diperlukan perawatan yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Perhatikanlah cara merawat wajah yang baik agar masalah pada wajah Anda bisa teratasi.

doktersehat-perawatan-wajah-masker-muka

1. Kulit Normal
Bagi Anda yang tidak mempunyai masalah dengan kulit wajah, sebaiknya cuci muka dua kali sehari. Bersihkan setiap pagi menggunakan air dingin dan pembersih wajah untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang menempel selama Anda tidur. Setelah wajah kering, oleskan pelembab, lalu taburi make up sebelum beraktivitas.

Saat sore hari, basuh wajah dengan pembersih muka yang biasa Anda gunakan sehari-hari. Kemudian, terapkan facial scrub bila Anda memakai make up yang cukup ‘berat’. Anda juga perlu memakai pembersih make up untuk menghilangkan maskara atau eyeliner yang digunakan pada mata. Namun, jangan menscrub wajah setiap hari, karena dapat membuat wajah kering.

2. Kulit Berminyak
Jika Anda memiliki kulit wajah yang berminyak butuh sedikit perhatian ekstra dalam melakukan perawatan. Hal itu juga tergantung bagaimana cara Anda mencuci wajah. Minyak dan kotoran yang nempel pada wajah bisa memperbesar pori-pori sehingga tampak berminyak. Untuk mengatasinya, bersihkan wajah minimal 2 kali sehari menggunakan pembersih muka khusus untuk kulit berminyak. Jika Anda memakai make up atau pelembab, cari produk yang bebas minyak. Cuci muka setiap pagi dan sore. Namun, alangkah baiknya kalau membersihkannya lagi sebelum Anda tidur. Gunakan pembersih wajah dan toner yang memang dibuat untuk menghilangkan minyak berlebihan.

3. Kulit Kering
Jenis kulit wajah yang kering membutuhkan perawatan special ketika membersihkannya. Basuh wajah saat pagi hari dengan air dingin tanpa menggunakan pembersih wajah. Kemudian, pilih pelembab yang cocok dengan jenis kulit kering sehingga dapat menjaga kulit Anda ketika beraktivitas. Pada malam hari, bersihkan kembali wajah Anda dengan menggunakan pembersih muka serta produk penghapus make up. Setelah itu, bersihkan wajah dengan sabun, lalu ditutup dengan pelembab.

Baca Juga:  Sering Alami Kulit Kering? 4 faktor Inilah Penyebabnya!

4. Kulit Berjerawat
Cobalah perhatikan cara yang tepat ketika mencuci muka. Jika Anda menggunakan tisu pembersih wajah atau produk scrub, usapkan dengan lembut dan perlahan, karena kalau digosok terlalu keras bisa membuat jerawat makin meluas. Pakai pembersih wajah yang memang khusus untuk kulit berjerawat. Jika hal itu belum bisa mengatasi masalah Anda, beli krim yang hanya dioleskan pada jerawat membandel dan terapkan selama Anda tidur. Krim tersebut membantu menghilangkan jerawat yang mengganggu penampilan.

5. Kulit Kombinasi
Jika kulit wajah di bagian pipi terasa kering dan daerah zona-T terasa berminyak yang meliputi bagian dahi, hidung dan dagu itu artinya Anda memiliki kulit kombinasi. Yang berarti perpaduan antara kulit kering dan berminyak. Untuk merawat jenis kulit ini sebaiknya gunakan sabun dengan pH balance, karena sesuai dengan tingkat keasaman alamiah kulit. Gunakan krim pelembap di bagian pipi dan oleskan sedikit saja di zona-T Anda. Lakukan perawatan pengelupasan kulit (exfoliation) hanya di daerah zona-T Anda. Saat facial, hindari proses menghilangkan jerawat di daerah pipi. Sekalah zona-T Anda dengan tissue sebelum memakai make up.

6. Kulit Sensitif
Kulit sensitif adalah kulit yang bereaksi dengan cepat terhadap sabun tertentu, rias wajah dan bahkan perubahan suhu. Agar tidak menimbulkan masalah pada kulit sebaiknya jangan pernah men-scrub wajah dengan benda yang kasar. Sebelum menggunakan suatu produk kecantikan, lakukanlah uji alergi terlebih dahulu untuk mengetahui Anda alergi atau tidak terhadap produk tersebut. Gunakan produk kecantikan tanpa pewangi.