Perawatan Sederhana untuk Kulit Kering yang bisa Dilakukan di Rumah

doktersehat-perawatan-wajah
Photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Selain kulit berminyak yang dapat menyebabkan jerawat, kulit kering juga merupakan masalah yang sering dihadapi oleh sebagian besar wanita. Kulit kering terjadi akibat kurangnya cairan atau kelenjar minyak pada lapisan jaringan dalam kulit. Akibatnya, kulit akan tampak kusam dan tidak sehat.

Sebenarnya, perawatan kulit kering bisa dilakukan dengan cara menggunakan produk kecantikan yang kandungannya diklaim ampuh membuat kulit kering menjadi lembap dan tampak sehat. Sayangnya, produk tersebut tidaklah bebas dari bahan atau zat kimia yang berpengaruh pada kesehatan tubuh. Namun, Anda tidak perlu khawatir sebab ada beberapa perawatan kulit kering yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Gel Aloe Vera

Saat ini, banyak sekali produk kecantikan yang menawarkan kandungan aloe vera atau lidah buaya yang mampu mengatasi kulit kering. Daripada Anda harus mengeluarkan biaya dengan membeli produk kecantikan tersebut, maka sebaiknya Anda membuatnya sendiri di rumah. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menghaluskan lidah buaya dengan mesin jus, lalu dicampur dengan madu. Aplikasikan ke seluruh kulit wajah dan diamkan selama satu malam. Cara ini dianggap ampuh untuk melembapkan kulit, serta menenangkan kulit sensitif.

2. Pelembab

Jika selama ini Anda menggunakan pelembap wajah dari beberapa jenis produk kecantikan, maka mulai sekarang cobalah untuk membuat pelembap wajah sendiri di rumah. Bahan-bahan untuk membuat pelembab tersebut cukuplah mudah, yakni hanya dengan menggunakan kacang almond yang telah di haluskan, minyak argan, dan madu yang dicampur menjadi satu. Bahan-bahan tersebut dapat mengangkat sel kulit mati dan mengatasi kulit kering.

3. Face mist

Kulit wajah yang kering bisa juga disebabkan oleh paparan sinar matahari langsung, serta berada di ruangan yang ber-AC terlalu lama. Suhu yang terlalu panas maupun terlalu dingin akan mengurangi kelembapan alami pada kulit sehingga membuat kulit menjadi kering. Untuk mengatasinya, gunakan face mist yang terbuat dari minyak almond, minyak vitamin E, dan minyak peppermint untuk melembapkan serta menyegarkan kulit.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik