Perawatan Tepat Ketika Anak Sakit Panas

DokterSehat.Com – Sedih memang bila melihat si bayi yang kondisinya masih kecil dan lemah menderita sakit panas yang tinggi. Belum lagi jika si bayi menangis dengan keras, hingga menambah rasa kekhawatiran. Bingung harus melakukan apa, agar bayi bisa cepat sembuh.



Selama demam anak masih berada di kisaran ringan, yakni antara 37,5 derajat hingga 38 derajat Celcius, demam ini bisa segera disembuhkan jika mendapat perawatan yang cepat dan tepat. Menurut patient.co.uk, kenyamanan anak adalah hal ertama yang perlu diperhatikan ketika anak sakit panas, karena demam membuat anak merasa tidak nyaman dan terganggu.

Selain itu, anak juga akan merasa kehausan dan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, untuk menurunkan panas anak, jagalah agar anak selalu terhidrasi, dengan banyak-banyak meminumkan cairan dan air putih pada anak, walaupun anak tidak merasa haus.

Jika anak menolak untuk minum, Bunda boleh kok sedikit memaksa anak. Malah biasanya, anak akan terus meminta minum ketika menemukan bahwa air bisa sedikit memberikan kesejukan dan rasa nyaman.

Kemudian, jika ruangan Anda bersuhu normal dan tidak menggunakan AC, ada baiknya untuk membuka baju anak, jangan malah membungkusnya dalam berlapis-lapis pakaian. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya overheating.

Selimuti anak dengan bahan yang nyaman dan tidak terlalu tebal. Jagalah suhu ruangan Anda tetap normal (sekitar 18? C atau 65? F) dengan membuka jendela atau memanaskan ruangan, bila ruangan terasa terlalu dingin.

Selain itu Bunda, bila Anda hendak mengompres anak, jaga agar kompres tidak terlalu dingin, karena suhu yang terlalu dingin malah membuat pembuluh darah menyempit dan menurunkan pelepasan panas. Panas pun bisa terperangkap di bagian tubuh yang lebih dalam dan memperburuk keadaan.