Perawatan Sederhana Bagi Pemilik Rambut Keriting

DokterSehat.com– Rambut sebagai mahkota memiliki peranan yang penting untuk melengkapi setiap penampilan. Apa pun jenis rambutnya, penataan gaya rambut yang berbeda-beda akan memberikan kesan yang berbeda pula, serta dapat memberikan efek khusus pada wajah. Dengan berbagai jenis rambut yang ada, yaitu lurus, ikal, bergelombang, keriting, dan lain-lain pastinya memiliki tata rambut yang berbeda yang dapat disesuaikan dengan aksesoris rambut. Selain penataan atau gaya yang rambut yang berbeda, cara perawatan dari setiap jenis rambut pun berbeda. Terlebih lagi bagi orang yang memiliki rambut keriting akan membutuhkan perawatan yang lebih intens, mengingat jenis rambut ini mudah rusak dan agak rapuh. Terkadang rambut jenis ini terlihat berantakan dan acak-acakan.



Meski begitu, tidak semua jenis rambut keriting akan membuat penampilan Anda menjadi terganggu. Pemiliki rambut keriting pun bisa tetap terlihat keren, cantik dan seksi. Agar memiliki rambut keriting dengan kriteria tersebut ada beberapa perawatan sederhana  yang dapat Anda lakukan.

Jangan Keramas Berlebihan

Jika kebanyakan orang melakukan keramas setiap dua hari sekali, maka bagi pemiliki rambut keriting sebaiknya lebih mengurangi rutinitas ini. Dengan intensitas keramas yang terlalu sering dapat menyebabkan kondisi rambut menjadi lebih kering. Sebaiknya melakukan keramas setiap dua kali dalam seminggu. Selain itu, pilihlah shampoo dengan jenis yang ringan untuk rambut.

Memakai Jenis Kondisioner yang Tepat

Rambut keriting memiliki tekstur yang cenderung lebih kering. Maka dari itu diperlukan kelembaban agar tetap terlihat sehat. Untuk merawatnya gunakan kondisioner sebagai pelembab. Pakailah secara teratur setelah mandi untuk merawat rambut keriting Anda.

Hati-Hati Saat Mengeringkan Rambut

Pengeringan rambut menggunakan hair dryer atau jenis alat pengering lainnya adalah cara yang mudah dan cepat untuk dilakukan. Namun untuk jenis rambut keriting jangan melakukan pegeringan menggunakn alat tersebut, hal ini akan membuat rambut menjadi bercabang. Biarkan rambut kering dengan handuk agar menyerap uap air dengan baik.

Baca Juga:  10 Ciri Hormon yang Tidak Seimbang pada Wanita

Memotong Rambut Secara Teratur

Jenis rambut keriting memiliki kemampuan yang rendah dalam menyerap air dan cenderung cepat kering. Karena itu lakukan pemotongan rambut secara teratur untuk mengurangi rambut yang bercabang. Lakukan pemotongan setiap delapan minggu atau dua bulan sekali, sehingga rambut terlihat sehat.

Jeli dan Teliti Melihat Produk Perawatan untuk Rambut

Bagi kaum pria biasanya menggunakan gel atau styling cream untuk membentuk gaya rambut. Khusus untuk rambut keriting jangan menggunakan produk yang mengandung SLS atau Laurel Natrium Sulfat, karena akan merusak rambut secara permanen.