Skiatika – Perawatan Mandiri

Nyeri dari skiatika sering membatasi aktivitas seseorang. Berikut adalah beberapa perawatan di rumah untuk skiatika:

doktersehat-obat-a-z-ponstan-asam-mefenamat-Levofloxacin-suplemen-hamil-kehamilan-hiv-truvada-melatonin-susah-tidur

Jangan membungkuk, mengangkat, atau duduk di kursi yang lembut dan rendah; Rasa sakitnya akan memburuk.

Obat nyeri yang dapat dibeli bebas di apotek seperti paracetamol (Tylenol), aspirin (Bufferin atau Bayer Aspirin), atau Ibuprofen (Advil, motrin IB) mungkin dapat membantu meringankan rasa sakit, kecuali jika seseorang alergi obat-obatan tersebut atau tidak meminumnya karena alasan lain (jika seseorang memakai pengencer darah seperti Coumadin, misalnya)

Cobalah dengan es batu dilapisi kain untuk membantu meredakan rasa sakit. Jika es batu tidak tersedia, gunakan sekantong besar sayuran beku; karena kompres es merupakan pertolongan pertama yang baik. Atau mintalah seseorang memijat daerah yang sakit dalam pola segitiga dengan es batu. Orang tersebut harus memindahkan es batu jika kulit menjadi terlalu dingin (karena luka bakar bisa terjadi akibat suhu yang terlalu dingin juga)

Setelah pijat dengan es batu, cobalah bergantian dengan kompres panas dari bantalan pemanas listrik untuk melihat apakah itu membantu rasa sakit. (Jangan tidur dengan bantalan pemanas di bagian punggung karena bisa menyebabkan luka bakar)

Jika alas pemanas listrik tidak tersedia, taruh handuk tangan di bawah air panas, peras, dan letakkan di bagian punggung, atau isi botol plastik dengan air hangat lalu letakkan di bagian punggung. Beberapa ahli fisioterapi percaya bahwa panas menembus lebih dalam dan meredakan rasa nyeri dengan lebih baik. (Jangan gunakan kain basah dengan bantalan pemanas listrik karena sengatan listrik dapat terjadi)

Individu yang mengalami skiatika dapat merasa lebih baik berbaring telentang di atas permukaan yang cukup keras dengan bantal di bawah lututnya. Pilihan lain adalah berbaring miring dengan bantal di antara kedua lutut untuk menahan punggung lurus. Ada juga orang yang menganggap kursi goyang (kursi malas) itu sangat membantu meredakan nyeri.

Baca Juga:  Skiatika - Tindak Lanjut, Pencegahan, dan Prognosis

Dari sekian penjelasan di atas, jangan hanya berbaring di tempat tidur karena berbaring di tempat tidur terus menerus justru  terbukti benar-benar memperburuk kondisi. Lakukan kegiatan yang bisa ditoleransi, dan jangan berharap untuk merasa lebih baik dalam semalam.