Fraktur Boxer – Perawatan Mandiri

Perawatan di rumah untuk patah tulang tinju dapat dibagi menjadi perawatan sebelum menemui dokter, dan perawatan setelah diagnosis patah tulang seorang petinju dibuat.

doktersehat-tangan-terluka-perban-gigitn-hewan

Tujuan langsung merawat tangan yang terluka adalah meminimalkan rasa sakit dan pembengkakan, meminimalkan risiko infeksi pada luka terbuka, dan untuk mencegah cedera lebih lanjut yang disebabkan oleh patah tulang yang tidak stabil.

  • Pendekatan terbaik untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan adalah dengan menerapkan es ke area yang cedera. Jika es tidak tersedia, taruh handuk yang direndam air dingin di tangan yang terluka. Mengangkat tangan yang terluka juga akan membantu mengurangi pembengkakan.
  • Luka terbuka yang terjadi pada saat cedera menunjukkan fraktur terbuka – sejenis fraktur yang berisiko tinggi mengalami infeksi dan penyembuhan yang buruk. Semua luka harus dicuci dengan sabun dan air lalu ditutup dengan perban bersih segera untuk mengurangi risiko infeksi.
  • Teknik kunci untuk mencegah cedera lebih lanjut dari patah tulang adalah melumpuhkan tangan yang terluka. Hal ini seringkali paling baik dilakukan dengan memegang tangan yang terluka di tangan yang tidak terluka. Selain itu, berhati-hatilah untuk tidak menggunakan tangan yang terluka untuk mengangkat benda atau melakukan tugas yang akan memberi tekanan pada hal itu. Menggunakan tangan yang patah dapat menyebabkan kerusakan pada otot, pembuluh darah, tendon, ligamen, dan saraf sekitarnya.

Perawatan di rumah setelah diagnosis patah tulang tinju didasarkan pada bagaimana dokter merawat tangannya. Perawatan di rumah mencakup manajemen nyeri, perawatan luka atau keseleo pada otot, dan pemantauan tanda infeksi.

  • Tulang, seperti banyak bagian tubuh lainnya, mengandung serabut saraf yang mengirimkan sensasi rasa sakit. Rasa sakit akibat patah tulang disebabkan oleh pembengkakan akibat luka pada jaringan di sekitar lokasi, atau oleh tulang yang pecah bergerak melawan serabut saraf. Rasa sakit harus berkurang begitu tulang yang patah tidak bergerak dan gerakan dicegah. Sedikit rasa sakit mungkin masih ada. Ketika seorang dokter menulis resep untuk obat penghilang rasa sakit, penting untuk minum obat sesuai resep dokter. Ini akan membantu mengurangi rasa sakit dan akan meminimalkan risiko efek samping yang tidak diinginkan dari pengobatan. Untuk rasa sakit ringan, parasetamol (Tylenol) atau ibuprofen (Advil) dapat digunakan sesuai petunjuk label. Ini harus didiskusikan dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat-obatan ini.
  • Pembebatan dilakukan pada semua fraktur boxer yang tidak memerlukan pembedahan segera. Semua pembebatan dan gips harus dijaga agar tetap kuat. Komplikasi yang bisa dilihat dengan prosedur ini adalah area yang terkena dibebat terlalu ketat akibat pembengkakan dari fraktur. Bila ini terjadi, pasien mungkin merasa sakit di bawah gips atau pembebatan. Tanda lain adalah mati rasa atau kesemutan di jari tangan yang terkena. Selain itu, jari menjadi dingin saat disentuh. Saat ini terjadi, hubungi dokter atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit untuk dievaluasi.
  • Infeksi bisa terjadi pada luka terbuka. Luka harus tetap bersih dan tertutup sampai penyembuhan selesai. Jika jahitan digunakan untuk menutup luka, dokter akan memberikan petunjuk tambahan tentang cara merawat jahitan dan kapan harus dilepas. Penting untuk mengikuti petunjuk ini dengan seksama untuk meminimalkan risiko infeksi. Pantau luka apapun untuk tanda-tanda infeksi. Tanda peringatan infeksi meliputi kemerahan, yang melesat jauh dari luka, kehangatan, atau pembengkakan di sekitar lokasi pemotongan. Pus juga bisa keluar dari luka. Tanda-tanda ini memerlukan evaluasi medis segera.