Perawatan Luka Pada Tindakan Asepsis

DokterSehat.Com – Tingkat keparahan infeksi pada luka bergantung pada kuman penyebab serta perawatan dengan prinsip asepsis. Pencegahan terjadinya suatu infeksi pada luka memerlukan tindakan berupa asepsis dan antisepsis, terutama dalam persiapan operasi. Asepsis adalah suatu keadaan bebas kuman atau mikroorganisme penyebab penyakit.

14

Fungsi

Pada tubuh manusia, terdapat tempat yang mengandung kuman dan merupakan flora normal (kuman tersebut normal ada di tubuh manusia namun tidak menimbulkan gejala apapun). Beberapa tempat tersebut yaitu kulit, rongga mulut dan hidung, saluran pencernaan, alat kelamin dan sistem saluran kencing. Agar terhindar dari infeksi dari kuman tersebut, tindakan asepsis diperlukan.

Tindakan asepsis bertujuan mencegah terjadinya kontaminasi dari luka terbuka, baik luka operasi atau luka lain. Di dalam tindakan operasi, pencegahan infeksi merupakan tujuan awal yang penting. Tindakan yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut antara lain mencuci tangan, pembersihan daerah yang akan dioperasi (termasuk mencukur rambut yang ada di daerah operasi), penggunaan alat yang bebas kuman (steril), dan penggunaan antibiotik profilaksis (pencegahan).

Untuk menciptakan keadaan asepsis digunakan beberapa macam zat yang dapat membunuh atau menghambat pertumbuhan kuman. Zat yang digunakan merupakan cairan khusus untuk jaringan hidup, berbeda dengan zat desinfektan yang diperuntukan untuk benda-benda mati. Beberapa jenis zat yang sering digunakan yaitu alkohol, povidon yodium, dan etakridin. Povidon yodium dipasarkan dengan nama dagang Betadine, Septadine, Isodine. Etakridin memiliki nama dagang Rivanol.

Kelainan

Bila tindakan dilakukan tanpa didahului oleh tindakan untuk meciptakan keadaan asepsis, maka risiko infeksi akan meningkat. Infeksi terjadi bila kuman masuk ke dalam tubuh walaupun melalui luka yang sangat kecil. Kuman yang masuk dapat menyebabkan seseorang terserang penyakit. Gejala yang timbul bergantung dengan organ yang diserang dan mikroorganisme yang menyerang. Variasi gejala mulai dari ringan hingga berat.

Baca Juga:  Dampak Menggunakan Sepatu Hak Tinggi Terhadap Kesehatan

Kuman yang masuk ke dalam tubuh dapat berkembang biak dan bila menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah, akan timbul keadaan sepsis. Sepsis yang berat dapat mengakibatkan kegagalan organ-organ dalam tubuh dan syok. Bila tidak ditangani, dapat mengakibatkan kematian.