Sindrom Kallmann – Perawatan Lainnya

doktersehat-konsultasi-lupus-nyeri-lutut

Selain obat-obatan, pasien dengan sindrom Kallmann juga dapat menerima perawatan lainnya.

  • Perawatan bedah

Teknologi reproduksi terbantukan, termasuk fertilisasi in vitro (IVF), zigot intrafallopian transfer (ZIFT), dan gamet intrafallopian transfer (GIFT), telah berhasil digunakan ketika pasien laki-laki dengan sindrom Kallmann atau hipogonadisme hipogonadotropik idiopatik tidak mencapai jumlah sperma yang memadai ketika telah mendapatkan terapi GnRH atau terapi gonadotropin.

Pasien dengan sindrom Kallmann dan penyakit jantung bawaan mungkin memerlukan pembedahan korektif. Selain itu, pasien dengan bibir sumbing atau langit-langit juga perlu koreksi bedah.

Kunjungan ke Dokter

Spesialis untuk orang dewasa atau spesialis anak harus dikonsultasikan, tergantung pada usia pasien. Konsultasi meliputi:

  • Ahli Endokrinologi dan reproduksi endokrinologi (andrologis).
  • Ahli jantung.
  • Dokter bedah kardiotoraks dan ahli bedah pediatrik.
  • Ahli saraf dan psikiater.
  • Otolaryngologist (dokter THT).
  • Dermatolog (dokter kulit).

Untuk diketahui, tidak ada pantangan yang diperlukan pada pasien Sindrom Kallmann tanpa penyakit jantung bawaan. Pembatasan garam (asupan Na dewasa+ <2 g/d) disarankan untuk pasien dengan gagal jantung kongestif. Yang harus menjadi catatan, semua pasien harus memastikan kalsium yang cukup (1200-1500 mg/d) dan vitamin D (800-1000 U/d) terutama jika mereka mengalami osteopeni (kepadatan tulang lebih rendah daripada yang seharusnya, namun belum cukup diklasifikasikan sebagai osteoporosis). Suplemen diet mungkin diperlukan bagi pasien untuk mencapai tujuan tersebut.

Batasi aktivitas rutin yang tidak diperlukan. Namun, pasien dengan osteoporosis perlu menghindari olahraga yang memiliki risiko jatuh yang tinggi. Selain itu, pembatasan aktivitas tepat diberikan pada pasien dengan bentuk-bentuk tertentu dari penyakit jantung bawaan atau kejang.

Sindorm Kallmann : 1 2 3 4