Perawatan Kulit Bikin Ketagihan?

DokterSehat.com – Banyak anggapan yang menyatakan bahwa berganti-ganti produk skin care bisa merusak kulit. Benarkah demikian?



Menurut dr. Auria Ekanti Pratiwi, seorang ahli kecantikan menjelaskan bahwa produk perawatan kulit memberikan efek ke depan. Produk skin care tidak bisa disamakan dengan obat-obatan semacam psikotropika yang bisa menyebabkan ketergantungan. Karena itu, tidak ada istilah ketergantungan pada merek produk perawatan kulit.

Pada dasarnya produk perawatan kulit berguna untuk memberikan nutrisi atau vitamin pada kulit wajah ataupun badan pemakainnya. Bila perawatan dihentikan maka kulit akan kembali seperti semula. Efek buruk pada wajah bukanlah akibat dari kebiasaan gonta-ganti produk perawatan kulit tapi akibat dari penghentian pemakaian produk skin care.

Sebagai contoh, dokter akan memberikan krim khusus dengan dosis tertentu untuk mengobati jerawat. Pengobatan jerawat membutuhkan waktu perawatan jangka panjang. Itulah alasan mengapa penghentian perawatan jerawat dapat membuat jerawat muncul lagi.

Meski begitu, berganti produk perawatan juga bisa menimbulkan efek samping, seperti kulit kusam, komedo, atau muncul jerawat. Saat pemakaian produk baru pertama kali kulit membutuhkan penyesuaian karena komposisi dan dosis dalam produk tersebut tidak sama dengan produk sebelumnya.

Pada dasarnya setiap orang ingin mendapatkan yang terbaik. Karena itulah kebanyakan wanita sering berganti-ganti produk perawatan kulit. Supaya perawatan kulit yang Anda gunakan dapat memberikan hasil yang maksiamal, sebaiknya perhatikan tips berikut ini:

1. Kenali terlebih dahulu jenis kulit Anda sebelum melakukan perawatan. Sesuaikan perawatan kulit dengan jenis kulit Anda.

2. Pakailah produk kecantikan setelah usia 18 tahun, tapi sebaiknya gunakan lebih dini produk perawatan ringan seperti pelembab atau sun screen.

3. Perhatikan dengan detail kompisisi dan tingkat keamanan produk skin care yang Anda gunakan. Bila perlu konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakannya.

Baca Juga:  Mencegah Stretch Marks Selama Hamil

4. Segera konsultasikan ke dokter bila timbul efek samping seperti alergi.

5. Jangan sembarangan memakai produk perawatan atau gonta-ganti merek produk kecantikan bila kulit Anda termasuk jenis kulit sensitif

6. Terapkan pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga, tidak merokok, tidak minum alkohol, menghindari stres berlebihan, dan menghindari polutan.

7. Konsultasi secara periodik kondisi kulit Anda kepada dokter yang merawat.