Perawatan Kulit Bagi Kulit Sensitif

DokterSehat.Com – Kulit sensitif memiliki reaksi cepat terhadap produk tertentu, bahan kimia, cuaca panas, atau kondisi lingkungan. Merawat kulit sensitif tidak bisa sembarangan, sebab banyak produk perawatan wajah yang malah menimbulkan dampak negatif pada kulit sensitif.



Biasanya, kulit akan terlihat memerah, berjerawat, bahkan mengalami iritasi. Kondisi ini tentu membuat tidak nyaman dan merusak penampilan.

Berikut beberapa cara perawatan bagi kulit sensitif yang perlu anda ketahui :

  • Pemilihan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit
    Untuk menghindari problem kulit senstitif, yang harus selalu dilakukan adalah menjaga kesehatan dan kebersihan kulit. Gunakan sabun atau pembersih yang tepat karena akan mempengaruhi kondisi kulit. Sementara, jika kotoran atau bakteri tidak terangkat maksimal, dapat menyebabkan masalah gatal dan merah pada kulit yang dapat berujung pada iritasi kulit.Untuk perawatan kulit bagi kulit sensitif pilihan sabun atau shower gel yang mengandung susu dan madu adalah pilihan yang tepat. Susu dan madu akan memberikan kelembaban pada kulit kering dan sensitif secara alami. Selain dapat menjaga kelembaban, susu serta madu juga dapat menjadikan kulit halus dan sekaligus segar. Pilihlah sabun atau pembersih atau shower gel dapat membersihkan, melembabkan, dan melindungi dari bakteri. Selain menjadikan kulit bersih, lembap dan terlindungi dari bakteri, sangat berguna untuk kulit yang mengalami problem gatal dan sensitif.
  • Perawatan kulit bagi kulit sensitif after shower
    Perawatan kulit bagi kulit sensitif setelah selesai mandi yang harus diperhatikan bagi pemilik kulit sensitif adalah memastikan tidak ada sisa sabun dan air yang masih bersembunyi di bawah antara lipatan-lipatan kulit seperti di bawah lengan, di belakang lutut, di sela-sela jari kaki dan tangan. Karena jika masih ada sisa sabun dan air, akan menyebabkan kulit menjadi terlalu lembab dan akan menjadi sarang kuman berkembang biak.
  • Memberi nutrisi kulit dari luar untuk menjaga kelembaban
    Kulit kering dan sensitif akan lebih mudah kehilangan kelembaban alaminya dibanding jenis kulit berminyak ataupun normal, untuk membantu menjaga kelembaban dalam perawatan kulit bagi kulit sensitif diperlukan nutrisi untuk kulit seperti lotion ataupun cream pelembab supaya kulit kering dan sensitif tidak mudah bersisik karena kehilangan terlalu banyak kelembaban.Waktu yang tepat menggunakan cream atau lotion pelembab adalah sesaat setelah selesai mandi, saat kulit masih dalam keadaan bersih dan segar sehingga cream ataupun lotion akan terserap sempurna ke dalam kulit. Jika sering berada dalam ruangan ber-AC dapat menggunakan lotion atau cream pelembab setiap 2 jam sekali atau setiap saat kulit terasa kering.
  • Memberi nutrisi kulit dari dalam untuk menjaga kesehatan kulit
    Perawatan kulit untuk kulit kering dan sensitif tidak cukup hanya dari luar tubuh saja, namun harus diimbangi dengan asupan nutrisi yang masuk melalui makanan dan minuman yang di konsumsi.Tubuh termasuk kulit memerlukan asupan cairan minimal 8 gelas air putih perhari. Selain cairan tubuh dan juga kulit memerlukan vitamin A, C, dan E untuk terus memperbaharui sel. Penuhi kebutuhan vitamin tubuh dan kulit melalui makanan bergizi tinggi seperti sayur dan buah-buahan segar.