Gigitan Ular – Perawatan di Rumah

DokterSehat.Com– Gigitan dari ular tidak berbisa bahkan membutuhkan perawatan luka sangat baik. pasien perlu booster tetanus jika belum pernah divaksin dalam waktu 5 tahun. Cuci luka dengan jumlah besar sabun dan air. Periksa luka untuk melihat apakah ada gigi tumpul atau kotoran di dalam lukanya.

doktersehat-siku-hitam-lengan-tangan-Eritema-Multiformis-luka-bakar

Mengambil langkah-langkah berikut:

  • Mencegah gigitan kedua atau korban kedua. Jangan mencoba untuk menangkap ular karena hal ini dapat menyebabkan korban tambahan atau gigitan. Ular dapat terus menggigit dan menyuntikkan racun dengan gigitan berturut-turut hingga racunnya habis.
  • Mengidentifikasi atau dapat menggambarkan ular, tetapi hanya jika hal itu dapat dilakukan tanpa risiko yang signifikan untuk gigitan kedua atau korban kedua.
  • Mengangkut korban ke fasilitas medis darurat dengan aman dan cepat.
  • Individu harus memberikan perawatan medis darurat dalam batas-batas pelatihan mereka.
    • Mengambil benda-benda yang mengikat korban, seperti cincin atau perhiasan lainnya, yang bisa memotong aliran darah jika terjadi pembengkakan pada daerah gigitan.
    • Jika seseorang telah digigit oleh seekor ular elapid berbahaya [misalnya, Krait laut (jenis ular laut), ular hitam dan kuning] dan tidak memiliki efek luka besar lokal, immobilizer tekanan dapat diterapkan. Teknik ini terutama digunakan untuk ular elapid dari Australia atau ular laut. Bungkus area yang digigit dengan perban di lokasi gigitan untuk memberikan tekanan pada anggota badan tersebut, seperti membungkus pergelangan kaki yang terkilir. Kemudian imobilisasi (istirahatkan) ekstremitas dengan splint, untuk membatasi aliran darah agar bisa ular tidak menyebar. Teknik ini dapat membantu mencegah efek sistemik dari bisa yang mengancam jiwa, tetapi juga dapat memperburuk kerusakan lokal di lokasi luka.
    • Sambil menerapkan hisap mekanik (seperti dengan penyedot mekanik) yang telah direkomendasikan oleh banyak pihak berwenang di masa lalu, sangat tidak mungkin bahwa sejumlah besar racun akan tersedot untuk hilang, malah justru hisapan seperti itu dapat meningkatkan kerusakan jaringan lokal. Teknik ini, secara umum, tidak lagi direkomendasikan tapi masih terdaftar sebagai teknik pengobatan di banyak publikasi medis. Jika seseorang memutuskan untuk mencoba teknik ini, petunjuk harus diikuti dengan hati-hati.
  • Dua prinsip panduan untuk perawatan di daerah-daerah terpencil.
    • Pertama, korban harus mendapatkan ke fasilitas perawatan darurat secepat mungkin karena anti-bisa-ular (obat untuk melawan efek beracun dari racun ular) dapat menyelamatkan nyawa.
    • Kedua, anggota badan yang terkena harus digunakan sesedikit mungkin untuk menunda penyerapan dan sirkulasi bisa ular.