Perawatan Gigi Dapat Mencegah Penyakit Kanker

DokterSehat.Com – Bagaimana mungkin gigi, bagian dari tubuh yang relatif tidak berhubungan, berpengaruh terhadap jantung?



Orang-orang yang teratur memeriksakan gigi dan merawat gigi mereka cenderung akan sulit untuk terkena penyakit yang berhubungan dengan masalah jantung. Kesimpulan ini ditemukan oleh Profesor Howard Jenkinson dari University of Bristol, Inggris. Jenkinson secara tak sengaja mendapatkan penemuan tersebut saat memeriksa bagaimana sel-sel darah dipengaruhi oleh bakteri.

Bakteri dimulut

Mulut memiliki hampir 700 jenis bakteri yang hidup di dalamnya. Bakteri-bakteri tersebut membantu mengurai partikel makanan.  Setiap kali Anda makan, minum atau bahkan membuka mulut, jumlah bakteri dalam mulut Anda akan meningkat. Sebagian besarnya adalah jenis bakteri yang aman, tetapi ada juga yang berbahaya. Menyikat dan merawat gigi dengan tepat menjaga perkembangan bakteri tetap di bawah kontrol.

Namun, perawatan gigi yang buruk dapat mengakibatkan infeksi gusi, radang gusi dan penyakit mulut lainnya. Hal ini dapat menyebabkan bakteri berbahaya memasuki aliran darah dan menjadi faktor independen yang menyebabkan penyakit jantung. Bakteri yang menyebar melalui arteri Anda dari mulut juga dapat menyebabkan peningkatan pembentukan plak, seperti halnya makanan kaya lemak jenuh meningkatkan produksi plak di dinding arteri. Hal ini berkontribusi terhadap peningkatan tekanan darah dan penurunan aliran darah yang menyebabkan penyakit jantung dan bahkan stroke. Streptococcus Gordonii dan Streptococcus sanguinis adalah beberapa bakteri yang menyebabkan infeksi mulut dan teridentifikasi menjadi faktor yang menyebabkan penyakit jantung.

Mencegah lebih baik

Antibiotik tertentu tampaknya tidak efektif melawan penyakit jantung. Ada kemungkinan bakteri-bakteri mulut itulah penyebabnya. Profesor Jenkinson dan Dr Steve Kerringan masih bekerja untuk menemukan solusinya. Sampai ditemukan, pencegahan penyakit mulut dan menjaga kesehatan gigi adalah metode terbaik untuk melindungi diri Anda sendiri. Perlindungan dapat lebih ditingkatkan dengan menggunakan produk perawatan gigi seperti semprotan anti-bakteri dan obat kumur. Hal ini membantu untuk mencegah infeksi mulut dan, pada gilirannya, melindungi dari salah satu penyebab penyakit jantung.