Fraktur Boxer – Perawatan

Jika fraktur boxer terdeteksi, tujuan utama pengobatan adalah imobilisasi tangan untuk memungkinkan penyembuhan yang tepat dan untuk mengurangi rasa sakit yang terkait dengan patah tulang.

doktersehat-tangan-terluka-injury-perban

Agar benar-benar dapat melakukan imobilisasi tulang yang paling patah, pembebatan harus mengenai persendian di atas dan di bawah lokasi cedera. Dalam kasus fraktur boxer, berbagai jenis splint (bebat)dapat digunakan. Satu jenis pembebatan bisa meluas dari jari, dengan ujung jari terbuka, ke lengan bawah dekat siku. Jenis pembebatan lain yang telah terbukti efektif untuk beberapa patah tulang boxer jari kelingking dengan membebat jari manis dan jari kelingking. Dokter akan memutuskan jenis pembebatan apa yang bisa mengobati fraktur pasien yang terbaik.

Ketika fraktur boxer terjadi, ada kemungkinan sebagian tulang metakarpal keluar dari alur (alignment) normal. Ini disebut angulasi. Jumlah angulasi akan menentukan jenis perawatan apa yang diperlukan untuk memastikan penyembuhan yang tepat. Orang-orang dengan fraktur boxer dengan beberapa jumlah angulasi dapat displin unit gawat darurat atau klinik dokter.

Derajat angulasi pada tulang metakarpal kedua atau ketiga dianggap abnormal dan memerlukan rujukan ke spesialis ortopedi untuk kemungkinan perbaikan bedah. Fraktur Boxer pada tulang metakarpal keempat dan kelima hanya memerlukan pembedahan jika derajat angulasi besar dan tulang tidak dapat dipindahkan ke tempat yang benar dengan menarik dan mendorongnya.

Karena patah tulang dapat menyebabkan sejumlah besar rasa sakit, manajemen nyeri merupakan aspek penting untuk merawat tulang yang patah. Manajemen nyeri paling baik dilakukan dengan obat anti-inflamasi dan penghilang rasa sakit. Parasetamol (Tylenol) atau ibuprofen (Advil) biasanya meredakan rasa sakit dengan sedikit efek samping. Obat-obatan ini, atau obat-obatan nyeri resep apapun, harus dilakukan sesuai petunjuk untuk mengurangi risiko efek samping.