Palpitasi – Perawatan di Rumah dan Pengobatan

Karena ada berbagai jenis palpitasi, pengobatan biasanya spesifik sesuai diagnosis. Pada orang-orang dengan palpitasi yang belum terdiagnosis, perubahan gaya hidup kecil dapat membantu meminimalkan gejala. Perubahan gaya hidup tersebut termasuk menghentikan penggunaan kafein, alkohol, dan konsumsi obat flu warung.

doktersehat-jantung-calcium-channel-blocker-pembuluh-darah-obat-a-z

Pasien dengan palpitasi harus mencoba untuk membuat jurnal tentang kapan, di mana, dan keadaan apa yang mendasari atau menyertai palpitasi. Pasien harus belajar cara mendokumentasikan denyut nadi mereka, apakah palpitasi terjadi sesekali atau dalam pola tertentu, dan apa ada gejala terkait, termasuk sensasi melayang, mual, berkeringat dingin, nyeri dada, atau sesak napas. Hal yang paling penting untuk dicatat apakah detak jantung teratur atau tidak teratur dan apakah itu cepat atau lambat.

Nyeri dada (atau tanda-tanda lain dari serangan jantung termasuk nyeri rahang, gangguan pencernaan, atau kelelahan yang ekstrim), sesak napas, atau pingsan harus meminta orang yang terkena atau anggota keluarga/ teman/ pengasuh untuk menelepon 119 dan mencari perhatian medis segera.

Pengobatan Palpitasi
Dalam kondisi akut, untuk orang dengan takikardia supraventricular atau fibrilasi atrium, tujuan pengobatan adalah untuk memperlambat denyut dan menegakkan diagnosis. Kadang-kadang, upaya menggunakan manuver vagal dilakukan untuk memblokir kekuatan adrenalin dalam tubuh. Salah satu manuver seperti meminta pasien untuk menahan napas mereka sementara pasien dibuat seperti mengejan seolah-olah hendak buang air besar. Manuver ini merangsang saraf vagus dalam tubuh, meningkatkan pelepasan asetilkolin kimia, yang mempengaruhi jantung dengan memperlambat denyut jantung.

Adenosine dapat diberikan sebagai injeksi intravena tunggal yang dapat me-reset sel alat pacu jantung dan memungkinkan jantung untuk kembali ke ritme yang normal, atau mungkin memperlambat denyut jantung sementara untuk memungkinkan dokter untuk mendiagnosa irama jantung yang mendasari menyebabkan detak jantung lebih cepat. Hal ini memungkinkan obat yang sesuai untuk diresepkan untuk kontrol atau penyembuhan. Obat lain yang mungkin digunakan termasuk beta blockers dan calcium channel blockers.

Beberapa irama, seperti  SVT Wolfe-Parkinson-White, memiliki sirkuit pendek listrik tertentu yang dapat diobati dengan pemberian energi listrik frekuensi tinggi (“pembakaran”) selama kateterisasi jantung dan menggunakan ultrasound frekuensi tinggi untuk mengikis atau merusak jalur listrik abnormal dan menyembuhkan masalah. kesempatan ini terbatas untuk digunakan dalam beberapa situasi.

Baca Juga:  Palpitasi - Klasifikasi: SVT dan AF/ AV

Jika denyut jantung yang cepat berhubungan dengan nyeri dada, sesak napas, atau tekanan darah rendah, situasi muncul ada, dan sengatan listrik dapat diberikan dengan anestesi untuk mengkonversi jantung ke irama yang lebih stabil dan lebih lambat.

perawatan jangka panjang untuk palpitasi selain dari perubahan gaya hidup adalah obat. Pengobatan spesifik untuk setiap ritme dan harus disesuaikan secara individual untuk setiap pasien.