Nyeri Sendi – Perawatan dan Pengobatan Alternatif

Perawatan nyeri sendi dapat dilakukan dengan dengan ahli terapi fisik untuk memperkuat otot-otot di sekitar sendi, menstabilkan sendi, dan meningkatkan jangkauan gerak. Terapis akan menggunakan teknik seperti ultrasound, terapi panas atau terapi dingin, stimulasi gelombang listrik, dan manipulasi.

doktersehat-nyeri-sendi-gangguan-autoimun

Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dapat mengurangi beberapa tekanan pada sendi yang menyakitkan. Olahraga adalah salah satu cara yang efektif untuk menurunkan berat badan (bersama dengan diet), tapi hati-hati untuk tetap dengan dampak olahraga yang akan lebih mengiritasi sendi. Berenang dan bersepeda adalah salah satu latihan terbaik karena keduanya memungkinkan Anda untuk menggerakkan sendi tanpa memberikan dampak pada sendi. Karena air adalah mengapung, renang juga mengurangi beberapa tekanan pada sendi Anda.

Perawatan di rumah
Anda dapat meredakan nyeri sendi jangka pendek dengan teknik sederhana di rumah. Salah satu metode yang dikenal dengan singkatan, PRICE:

  • Protect the joint with a brace or wrap (Lindungi sendi dengan perban atau gelang pelindung sendi)
  • Rest the joint, avoiding any activities that cause you pain (Istirahatkan sendi, menghindari kegiatan yang menyebabkan Anda sakit)
  • Ice the joint for about 15 minutes, several times each day (Berikan ES selama sekitar 15 menit, beberapa kali setiap hari)
  • Compress the joint using an elastic wrap (Kompres sendi menggunakan perban elastis)
  • Elevate the joint above the level of your heart (Tinggikan sendi di atas tingkat jantung Anda)

Meletakkan es untuk nyeri sendi Anda dapat meringankan rasa sakit dan peradangan. Untuk kejang otot di sekitar sendi, cobalah menggunakan bantal pemanas beberapa kali sehari. Dokter mungkin menyarankan untuk mengamankan sendi untuk meminimalkan gerakan atau mengurangi rasa sakit, tapi menghindari tidak menggerakkan sendi yang terlalu lama karena pada akhirnya dapat menjadi kaku dan kehilangan fungsi.

Baca Juga:  Panu - Pengobatan dan Pencegahan

Pengobatan Alternatif
Beberapa penelitian telah menunjukkan suplemen glukosamin dan kondroitin dapat membantu nyeri sendi dan meningkatkan fungsi sendi. Kedua zat ini merupakan komponen tulang rawan normal, yang membantu meredam tulang dan melindungi sendi. Suplemen glukosamin dan kondroitin tersedia dalam kapsul, tablet, bubuk, atau bentuk cair. Meskipun suplemen ini tidak bekerja untuk semua orang, aman untuk dicoba karena mereka tidak memiliki efek samping yang signifikan.

Tidak peduli apa pengobatan yang direkomendasikan dokter, cari bantuan medis segera jika nyeri menetap atau terus menerus, sendi Anda tiba-tiba menjadi meradang atau tidak mampu digerakkan, atau Anda tidak dapat lagi menggunakannya