Impetigo – Perawatan dan Pencegahan

Impetigo adalah infeksi bakteri kulit, menyebabkan luka merah yang dapat terbuka, mengeluarkan cairan kekuningan, yang dapat mengering menjadi kerang kuning-coklat.

doktersehat-kulit-tangan-halus-kesehatan-skin-Eksim-Nummular-Dermatitis-Erisipeloid-Eritema-Nodosum-ichtyosis-lamellar-panu-impetigo-aquagenic-urticaria

Perawatan pasien impetigo dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:

  • Impetigo diobati dengan antibiotik. Untuk kasus impetigo ringan, dokter akan meresepkan salep atau krim antibiotika untuk dioleskan pada luka. Untuk kasus impetigo yang lebih serius, dokter mungkin juga meresepkan pil antibiotik.
  • Seorang anak biasanya dapat kembali ke sekolah atau tempat penitipan anak setelah 24 jam pengobatan. Jika Anda mengoleskan salep atau mengkonsumsi pil persis seperti yang diresepkan, paling tidak, luka akan sembuh dalam 1 minggu.
  • Di rumah, bersihkan luka dengan lembut menggunakan sabun dan air setiap hari. Jika terbentuk krusta (cairan kuning yang mengering), dokter dapat menyarankan Anda untuk melunakkan atau menghapus krusta tersebut. Anda dapat melakukan ini dengan memberikan krusta tersebut air hangat dan menepuk hingga kering. Hal ini dapat membantu krim atau salep yang dioleskan dapat bekerja lebih baik daripada ada krusta menutupi lukanya.
  • Setelah Anda menyentuh daerah yang sakit, cuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol.
  • Cobalah untuk tidak menggaruk luka, karena menggaruk dapat menyebarkan infeksi ke bagian lain dari tubuh. Anda dapat membantu mencegah goresan dengan menjaga kuku anak Anda tetap pendek.

Hubungi dokter Anda jika Anda tidak mendapatkan kondisi yang lebih baik seperti yang diharapkan atau jika Anda melihat tanda-tanda bahwa infeksi makin parah, seperti demam, peningkatan nyeri, bengkak, hangat, kemerahan, atau nanah.

Bagaimana bisa impetigo dicegah?
Jika Anda mengenal seseorang yang memiliki impetigo, coba untuk menghindari kontak dekat dengan orang itu sampai infeksinya telah pergi. Jangan berbagi handuk, seprai, atau pakaian sampai infeksi hilang. Cuci apa pun yang mungkin telah tersentuh daerah yang terinfeksi.

Baca Juga:  HIV/AIDS pada Anak - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Jika Anda atau anak Anda memiliki impetigo, menggaruk luka dapat menyebarkan infeksi ke area lain dari tubuh Anda dan untuk orang lain. Cuci tangan Anda atau anak Anda dengan sabun untuk membantu mencegah penyebaran infeksi.

Jika anak Anda memiliki potongan atau gigitan serangga, menutupinya dengan salep atau krim antibiotika dapat membantu mencegah impetigo.