Perasaan Ternyata Dikendalikan oleh Otak? Atur Melalui Makanan yang Tepat

DokterSehat.com – Otak memiliki berat hanya sekitar 1,5 kg, hanya sepersekian dari berat badan manusia, tetapi, tahukah bahwa otak menggunakan 20% intake kalori harian dari makanan yang kita konsumsi. Otak juga pengendali utama dari tubuh kita. Semua organ diatur oleh otak. Maka, pemilihan makanan yang tepat penting agar menjaga fungsi otak. Kali ini kita akan membahas makanan yang tepat untuk meningkatkan konsentrasi dan mood.

doktersehat-paprika-merah

Tak seperti yang kita pikirkan, ternyata makanan yang disajikan adalah makanan-makanan yang sebenarnya mudah didapatkan. Namun, karena kita tidak memahami fungsinya, kita hanya memakan seadanya tanpa memikirkan manfaatnya.

Makanan yang tepat seperti apa yang kita pilih?  Berikut tips untuk menjaga suasana hati dan meningkatkan konsentrasi.

  1. Tingkatkan konsentrasi dengan Minyak Ikan

Sel otak membutuhkan oksigen untuk tetap “hidup” dan menyampakan informasi. Oksigen didapatkan dari gula darah. Maka, secara sederhana, dengan tetap menstabilkan kalori yang memadai sepanjang hari, maka konsentrasi akan tetap terjaga. Minyak ikan banyak mengandung omega-3, dan banyak didapatkan di ikan yang berlemak, kenari, labu, dan biji-bijian. Hal ini berguna untuk menjaga selubung mielin, yaitu selubung yang membungkus serabut saraf, sehingga pesan-pesan yang disampaikan dapat tetap terjaga.

  1. Tingkatkan kualitas mood dengan Makanan Kaya Protein

Kualitas mood dipengaruhi oleh suatu neurotransmiter (zat kimia yang berada di ujung serabut saraf) yang disebut dengan dopamin. Dopamin menyebabkan suasan hati menjadi stabil. Makanan manis dan berlemak memang menyebabkan lonjakan dopamin, namun lonjakan ini diikuti oleh penurunan yang tajam ke tingkat yang sama, sehingga agar tetap stabil, dipilihlah protein yang merupakan penyedia energi yang “slow release”, sedikit namun stabil. Dengan begitu, kadar dopamin tidak akan terlalu tinggi namun tidak jatuh di kadar yang rendah sehingga cukup untuk mempertahankan suasana hati. Prekusor dopamin adalah fenilalamin, dan ditemukan di telur, almond, daging merah, bit, dan kacang-kacangan. Selain itu, telur dan daging merah merupakan sumber yang baik untuk triptofan yang merupakan prekusor serotonin, neurotransmiter yang membantu tubuh merasa tenang dan puas.

Baca Juga:  Penyakit Wanita Yang Bisa Terjadi Pada Pria

Sekarang sudah tahu kan makanan apa saja yang dapat meningkatkan mood dan konsentrasi. Ternyata kuncinya adalah asupan untuk otak. Jadi, jangan tertukar lagi, ternyata perasaan juga dikendalikan oleh pikiran kita karena semua bersumber dari otak. (dr. Ursula Penny)