Peralatan Masak Yang Sebaiknya Tidak Digunakan

DokterSehat.Com – Memasak adalah salah satu kegiatan yang akan hampir selalu dilakukan sehari-hari. Dengan memasak, kita bisa memberikan asupan yang bergizi dan sehat bagi seluruh anggota keluarga. Sayangnya, hampir kebanyakan masyarakat hanya akan berpikir tentang bahan makanan apa saja yang sekiranya baik bagi tubuh dan tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan alih-alih memikirkan tentang teknik memasak atau bahkan peralatan memasak yang digunakan. Tahukah anda, ada beberapa jenis alat masak yang tidak direkomendasikan untuk kita karena diyakini bisa menambah resiko terkena beberapa penyakit. Berikut adalah beberapa dari jenis peralatan memasak tersebut.

doktersehat-panci-masak

Peralatan memasak yang terbuat dari bahan anti lengket kini sangat digemari oleh masyarakat karena dianggap sangat memudahkan kegiatan memasak. Dulu, beberapa bahan makanan akan lengket pada wajan saat dimasak dan bisa membuat tampilan serta masakan menjadi tidak karuan. Dengan adanya wajan anti lengket, memasak pun tidak akan menjadi repot dan masakan pun akan menjadi lebih sedap dan enak dipandang. Sayangnya, ada beberapa wajan anti lengket yang memakai bahan asam perfluorooctanonic. Bahan ini ternyata akan sangat buruk karena bisa menempel pada makanan jika dipanaskan dengan suhu tinggi. Bahkan, pakar kesehatan menyebutkan jika bahan ini membuat resiko terkena penyaki tumor naik dengan signifikan.

Selain peralatan memasak anti lengket, beberapa bahan plastik juga kerap dipakai untuk membantu proses memasak. Kita tentu sering melihat adanya wadah makanan yang terbuat dari bahan plastik yang bisa kita pakai untuk menempatkan makanan yang baru saja matang. Bahan plastik yang terkena panasnya makanan ternyata sangat berbahaya bagi tubuh. Bahan BPA bisa menyebabkan resiko tubuh terkena penyakit diabetes, penyakit jantung, hingga obesitas bisa meningkat dengan signifikan.

Baca Juga:  Teh Herbal Ampuh Mecegah Malaria

Lantas, apakah ada peralatan memasak yang sekiranya aman untuk digunakan? Ada baiknya kita memakai bahan yang telah dianggap aman oleh pakar kesehatan layaknya bahan stainless steel atau bahan keramik sebagai wadah makanan. Peralatan memasak tersebut bisa jadi memiliki harga sedikit lebih mahal namun dengan resiko mendapatkan penyakit yang lebih rendah, maka peralatan memasak ini tentu akan jauh lebih direkomendasikan.