Peradangan Pada Batang Penis

DokterSehat.Com – Alat kemaluan pada pria bisa mengalami berbagai macam gangguan. Gangguan alat kelamin pada pria yang paling terkenal mungkin adalah masalah disfungsi ereksi atau masalah ejakulasi dini yang berkaitan erat dengan masalah seksual. Selain masalah-masalah tersebut, alat kelamin pria juga bisa mengalami berbagai penyakit atau bahkan mengalami peradangan. Peradangan pada alat kelamin pria, khususnya pada batang penis ternyata bisa terjadi karena kehidupan seksualnya. Apa sajakah penyebab dari meradangnya batang penis pada pria?

doktersehat-pria-skrotum-penis-masalah-kelamin-Pembesaran-Prostat-Jinak-gatal-hematuria-scrotoplasty-kanker-prostat-infeksi-menular-seksual

Batang penis yang meradang ternyata bisa disebabkan karena perawatan alat kelamin yang tidak baik. Alat kelamin pria ternyata memiliki jenis kulit yang cenderung lebih halus dan lebih sensitif jika dibandingkan dengan kulit pada bagian tubuh yang lain sehingga bisa mudah mengalami peradangan jika tidak dirawat dengan benar sehari-hari atau saat melakukan hubungan intim atau masturbasi. Sebagai contoh, hubungan seksual yang kurang baik karena kurangnya pelumas ternyata bisa membuat kulit batang penis tergesek dan meradang. Beberapa orang yang memiliki kebiasaan melakukan anal seks beresiko mendapatkan peradangan ini karena anus tidak memiliki pelumas alamiah layaknya vagina. Selain karena perawatan dan hubungan seksual yang kurang sehat dan cenderung kasar, batang penis juga bisa mengalami alergi atau masalah kulit layaknya eksim atau psoriasis sehingga saat dipakai untuk berhubungan intim bisa meradang. Saat penis meradang, penis akan mengalami lecet-lecet kemerahan yang akan terasa perih layaknya terbakar namun juga gatal.

Jika batang penis mengalami peradangan, maka pria pun sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual atau masturbasi terlebih dahulu yang bisa membuat peradangan menjadi semakin parah. Ada baiknya juga penderita peradangan batang penis langsung berkonsultasi pada dokter kulit dan kelamin agar mendapatkan saran yang paling tepat dan obat yang pas untuk membuat kondisi batang penis menjadi normal seperti sedia kala. Agar kejadian ini tidak terulang, pria pun harus mempertimbangkan kembali kebiasaan seks yang kurang sehat dan kasar dan merawat alat kelaminnya sebaik mungkin agar tidak mudah mengalami paradangan.