Pepaya Lindungi Kulit Sampai Jantung

Doktersehat.com – Pepaya, buah berwarna kuning oranye ini kaya akan nutrisi penting bagi tubuh. Karena itu, buah ini dipercaya oleh para ahli sebagai superfood. Tak heran bila pepaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat pepaya sebagaimana dilansir dalam Superfood Profile:



1. Perlindungan kulit

Pepaya matang kaya akan antioksidan vitamin C, E, dan karotenoid, seperti lycopene dan beta-karoten. Kandungan nutrisi yang dimiliki pepaya dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang mengakibatkan munculnya keriput dan tanda-tanda penuaan kulit lainnya.

Dalam daging dan kulit buah terdapat enzim papain yang mampu membantu memecahkan sel-sel kulit mati dan memperbaruinya. Inilah yang melatarbelakangi banyaknya produk perawatan kulit yang menggunakan pepaya sebagai campuran di dalamnya.

2. Menyehatkan mata

Kandungan lutein, zeaxanthin, dan beta-karoten dalam pepaya sangat baik untuk kesehatan mata. Lutein dan Zeaxanthin karotenoid mampu melindungi retina mata dari bahaya sinar matahari yang berisiko menimbulkan glaukoma, katarak, degenerasi makula, dan penyakit mata kronis lainnya.

3. Menjaga jantung

Pepaya juga berkhasiat mengurangi timbunan kolesterol dalam pembuluh darah karena buah berwarna oranye ini kaya akan kandungan vitamin C dan E. Asupan antioksidan yang tinggi mampu meningkatkan aliran darah ke jantung dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Manfaat lain dari pepaya adalah mampu menekan kadar kolesterol jahat yang merugikan tubuh. Kandungan folatnya juga mampu mengontrol kadar homosistein dalam darah. Perlu diketahui bahwa kadar homosistein yang tinggi dalam darah bisa merusak pembuluh darah dan mengakibatkan penyakit jantung.

Sumber: ghiboo.com