Pepaya, Buah Manis Atasi Sembelit

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan pencernaan yang cukup sering menimpa banyak orang adalah sembelit atau susah buang air besar. Beberapa orang bahkan mengaku karena mendapatkan sembelit, mereka bisa tidak melakukan buang air besar hingga berhari-hari. Yang menjadi masalah adalah, sembelit bisa menjadi pemicu beberapa penyakit yang jauh lebih berbahaya layaknya kanker usus, penyakit jantung, hingga gagal ginjal. Memang, obat dari sembelit cukup mudah untuk didapatkan di warung-warung terdekat, namun, akan sangat tidak baik bukan jika kita bergantung pada obat-obatan ini hanya untuk mengatasi sembelit?

doktersehat-pepaya

Pakar kesehatan menyebutkan jika sembelit yang sering terjadi bisa berimbas pada penyakti wasir yang bisa menimbulkan pendarahan pada dubur. Selain itu, kotoran yang tidak bisa keluar dan mengendap dalam waktu yang lama pada usus bisa semakin mengeras dan semakin sulit dikeluarkan. Hal ini bisa menjadi racun bagi tubuh! Untungnya, masalah sembelit ini bisa diatasi dengan alami, bahkan dengan cara yang nikmat; yakni cukup hanya dengan mengkonsumsi buah pepaya secara rutin.

Buah pepaya ternyata kaya akan kandungan enzim papain dan serat sehingga saluran pencernaan pun akan jauh lebih lancar dan masalah pada lambung bisa dicegah. Hal ini berarti, kita pun akan bisa mengatasi dan mencegah wasir dengan efektif. Sebuah penelitian terbaru bahkan menyebutkan jika konsumsi buah pepaya dengan rutin akan membuat tubuh kita terbebas dari berbagai parasit yang bisa menyebabkan masalah pencernaan pada usus. Hal ini berarti, pepaya bisa berfungsi sebagai makanan yang berfungsi sebagai detoksifikasi alami pada tubuh.

Untungnya, buah pepaya termasuk dalam buah yang sangat mudah didapatkan di Indonesia dengan harga yang relatif murah. Jadi, sebelum kita tersiksa karena susah buang air besar, mari kita biasakan konsumsi buah pepaya.