Penyumbatan Pada Darah Bisa Diketahui Dengan Tanda-Tanda Berikut

DokterSehat.Com – Penyumbatan pada darah adalah salah satu kondisi kesehatan yang sangat tidak diinginkan oleh siapapun. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika penyumbatan pada darah beresiko bisa menyebabkan penyakit jantung atau stroke yang bisa sangat mematikan. Di Amerika sendiri tercatat jika ada 700.000 orang yang terkena penyakit jantung dan lebih dari separuhnya, yakni sekitar 400.000 orang kehilangan nyawa karena penyakit jantung ini. Pakar kesehatan menyebutkan jika tingginya jumlah orang yang terkena masalah jantung koroner lebih sering disebabkan karena orang-orang cenderung menyepelekan gejala penyakit berbahaya ini. Salah satu gejala yang sering disepelekan tersebut adalah penyumbatan pada darah.

doktersehat-kolesterol

Kita sendiri bisa mengenali tanda-tanda penyumbatan pada darah jika kondisi kesehatan tubuh menujukkan gejala-gejala tertentu. Gejala yang cukup umum dirasakan karena penyumbatan darah namun seringkali diabaikan adalah rasa nyeri pada kaki. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika rasa nyeri pada kaki ini disebut sebagai klaudikasio dimana pemuluh arteri pada kaki mengalami penyumbatan, atau bahkan penebalan atau pengerasan pada dinding pembuluh darah yang disebabkan oleh lemak. Kondisi kesehatan ini seringkali terjadi pada para perokok yang memang beresiko mengalami masalah gangguan pada jantung koroner.

Bagi para pria sendiri, penyumbatan pada darah juga bisa dikenali dengan adanya masalah disfungsi ereksi yang membuat gangguan pada seksualitas. Sebagaimana kita ketahui, disfungsi ereksi terjadi jika darah tidak lagi mampu mengisi penis untuk mendapatkan ereksi. Biasanya, sulitnya darah mengisi penis ini terjadi karena penyumbatan yang terjadi pada pembuluh arteri pada panggul. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika masalah disfungsi ereksi ini jika dibiarkan hingga tiga atau lima tahun akan bisa memicu serangan jantung.

Kebotakan kerap kali dianggap sebagai hal yang normal terjadi pada mereka yang sudah berusia dewasa atau lanjut usia. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan jika kebotakan, baik yang terjadi pada pria maupun wanita ternyata termasuk dalam tanda-tanda penyumbatan pada darah dan terkait pada masalah penyakit jantung koroner yang mematikan. Selain itu, adanya lipatan telinga yang tidak normal dari cuping telinga juga seringkali diabaikan meskipun disebut-sebut sebagai adanya gangguan sirkulasi darah yang juga beresiko menyebabkan penyakit jantung koroner. Jika kita mengalami gejala-gejala ini, ada baiknya kita harus memeriksakan kondisi ke dokter sehingga bisa mencegah serangan jantung koroner yang sangat mematikan.