Penyebab Vagina Kering Saat Berhubungan Intim

DokterSehat.Com – Salah satu faktor penting yang bisa membuat hubungan intim menjadi lebih nikmat adalah adanya pelumas alami. Pelumas alami ini biasanya diproduksi oleh organ vital wanita saat mereka sudah merasa sangat bergairah untuk melakukan hubungan intim. Pelumas alami atau juga disebut sebagai cairan lubrikasi ini juga bisa menjadi tanda bahwa organ vital wanita siap untuk mendapatkan penetrasi dari penis pasangannya tanpa mendapatkan iritasi ataupun rasa nyeri.

doktersehat-french-kiss-ciuman-air-liur-tularkan-penyakit-seksual-menular

Meskipun secara alami bisa muncul saat wanita sudah bergairah untuk berhubungan intim, dalam realitanya cukup banyak wanita yang tidak bisa memproduksinya dengan cukup atau dalam kondisi medis disebut sebagai masalah vagina kering.

Pakar kesehatan di bidang psikologi bernama Elizabeth Santosa menyebutkan bahwa ada beberapa penyebab dari masalah vagina kering ini. Sebagai contoh, ada wanita yang ternyata secara bawaan tidak mampu untuk memproduksi pelumas alami dengan cukup. Tak hanya itu, kurangnya produksi pelumas alami ini juga bisa disebabkan oleh faktor usia meskipun seringkali hal ini disebabkan oleh kurangnya pemanasan saat berhubungan intim sehingga kaum hawa belum benar-benar siap untuk melakukan penetrasi. Faktor lain yang bisa menyebabkan produksi pelumas alami kurang maksimal saat berhubungan intim adalah kondisi tubuh yang kurang fit, wanita yang kurang pengalaman saat berhubungan intim sehingga merasa gugup atau cemas saat melakukannya, atau bahkan karena sudah bosan dengan aktifitas seks juga bisa menyebabkan hal ini.

Tanpa adanya produksi pelumas alami yang cukup, bagian dalam organ vital bisa saja mengalami lecet-lecet, luka, atau rasa nyeri saat berhubungan intim. Hal ini tentu akan mengurangi rasa nyaman sekaligus menurunkan kemungkinan untuk melakukan berbagai variasi saat berhubungan intim.

Baca Juga:  Mitos Wanita Berbulu Lebat Memiliki Gairah Besar Dalam Berhubungan Intim

Untuk mengatasi masalah ini, ada baiknya pasangan melakukan komunikasi untuk memastikan bahwa wanita telah siap dan bergairah untuk melakukan penetrasi. Hanya saja, jika memang kaum hawa mengalami masalah vagina kering ini, ada baiknya pasangan berkonsultasi ke dokter atau membeli pelumas yang bisa digunakan untuk berhubungan intim di apotek. Pakar kesehatan sendiri menyarankan penggunaan pelumas dengan bahan dasar air yang cukup aman digunakan bagi semua orang, termasuk mereka yang memiliki kulit yang sensitif.