Penyebab Utama Orang Susah Tidur Dimalam Hari

DokterSehat.Com – Apakah anda sering mengalami susah tidur di malam hari? Jika ya, bukan hanya anda yang sering mengalami hal ini. Penyakit susah tidur atau yang lebih dikenal dengan insomnia ini sering dialami oleh banyak orang dengan berbagai penyebab susah tidur. Akibat susah tidur biasanya menyebabkan seseorang menjadi kurang tidur dan nampak kurang sehat.



Beikut penyebabnya :

  • Adanya prilaku mengkonsumsi obat-obatan yang kurang baik
    Hal lain yang bisa menjadi penyebab Anda sulit tidur adalah karena Anda mengonsumsi obat-obatan terutama yang tidak menyebabkan rasa kantuk muncul.

    Terkadang orang-orang malah mengonsumsi obat yang membuat dirinya terjaga sepanjang malam hanya untuk mengerjakan sesuatu, padahal tidur pada malam hari tidak akan tergantikan kualitasnya meskipun Anda telah tidur lama sekali di siang hari.

  • Pola makan yang tidak sehat
    Asupan makanan juga dapat mempengaruhi pola tidur Anda. Selain kafein yang banyak tergantung dalam kopi, ternyata mengonsumsi daging saat makan malam akan menghalangi datangnya kantuk di malam hari.

    Makanan sumber protein akan membuat tubuh Anda mengeluarkan energi yang lebih besar untuk melakukan proses pencernaan. Akibatnya Anda akan menjadi sulit tidur.

  • Pengaruh cuaca
    Suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas juga dapat mempengaruhi tidur Anda. Tentu Anda akan merasa tidak nyaman ketika keadaan sedang panas sehingga Anda merasa kegerahan, atau terlalu dingin sampai-sampai selimut tidak dapat mengurangi rasa dingin itu, maka kesulitan tidur akan terjadi dan hal ini biasanya tidak terpikirkan sebagai salah satu penyebab Anda sulit tidur di malam hari.
  • Memikirkan hal-hal yang tidak terpikirkan
    Ada hal lain yang tidak terpikirkan yang juga mempengaruhi Anda sehingga Anda susah tidur di malam hari. Tahukah Anda bahwa siklus pergerakan Bulan juga dapat mempengaruhi pola tidur Anda.

    Sebuah penelitian menemukan bahwa ketika bulan sedang purnama, seseorang tidur lebih sebentar dan kurang nyenyak dibanding biasanya.

    Faktor ini tidak terjadi setiap hari seperti pada faktor utama sebelumnya, tapi cukup mempengarui satu atau dua hari dalam satu bulan di kehidupan Anda.