Penyebab Umum Kerontokan Rambut Pada Pria

DokterSehat.Com – Seringkali masyarakat menganggap masalah kerontokan rambut cenderung akan lebih sering menyerang kaum hawa. Padahal, dalam realitanya, kita juga akan cukup mudah melihat pria yang mengalami kebotakan bahkan hingga kehilangan semua rambutnya di usia tua. Memang, tidak seperti wanita yang memang menganggap rambutnya sebagai mahkota yang harus dipelihara hingga tua, sebagian pria akan tidak begitu peduli meskipun rambutnya mengalami kebotakan. Sayangnya, masalah kebotakan ini juga kini mulai banyak menyerang pria yang berusia muda sehingga bisa menimbulkan masalah penurunan rasa percaya diri. Berikut adalah beberapa penyebab utama kerontokan rambut pada pria yang harus kita waspadai.

doktersehat-kutu-rambut-gatal

Penyebab paling umum kebotakan pada pria adalah karena faktor genetik. Banyak pria yang mulai mengalami kebotakan dengan pola mirip huruf U pada bagian atas kepala. Jika anda memiliki keluarga dengan riwayat kebotakan seperti ini, maka jangan heran anda juga akan mengalami hal yang sama. Kebotakan sendiri kerap kali dimulai pada usia 30 tahun ke atas dan bisa semakin parah seiring dengan bertambahnya usia.

Selain faktor genetik, banyak pria yang sebenarnya tidak memiliki faktor genetik kebotakan namun justru melakukan gaya hidup tidak sehat sehingga rambutnya pun akan mudah rontok. Selain konsumsi makanan yang tidak sehat, kecenderungan pria modern untuk mengalami stress berlebihan karena faktor pekerjaan dan berbagai masalah lainnya akan membuat rambut kekurangan nutrisi dan pada akhirnya mengalami kerontokan. Selain itu, adanya masalah prosriasis dan juga dermatitis seboroik juga bisa memicu masalah kebotakan pada pria. Penyakit psoriasis sendiri bisa membuat kulit kepala menjadi bersisik, gatal, dan terkelpuas layaknya ketombe. Padahal, folikel rambut juga akan ikut rusak sehingga bisa memicu kerontokan.

Baca Juga:  Waspada! Bisa Jadi Hormon Testosteron Anda Tengah Menurun

Beberapa pria yang memanjangkan rambut akan cenderung memilih untuk mengikatnya karena tidak ingin merasa gerah. Sayangnya, banyak pria yang mengikat rambut terlalu kencang sehingga rambut stress dan kulit kepala pun akan mudah rusak dan pada akhirnya menyebabkan kerontokan. Untuk menghindarinya, pria tentu harus memperhatikan ikatan rambutnya agar tidak terlalu kencang dan mulai memperhatikan asupan makanan kaya zat besi, zinc, protein, dan juga biotin untuk menjaga kesehatan rambut.