Jangan Khawatir, Inilah Penyebab Tumbuh Rambut Pada Puting

doktersehat perubahan payudara

DokterSehat.Com– Tubuh manusia memang selalu dipenuhi dengan bulu atau rambut. Ada beberapa bagian tubuh yang menjadi sarang rambut, misalnya rambut kepala, kumis, ketiak, dada, dan kemaluan. Namun, kadang juga ada beberapa bagian tubuh yang ditumbuhi rambut secara ilegal, artinya bagian tersebut bukan tempat yang wajar tumbuhnya rambut.

Salah satu kemunculan rambut yang cukup membuat penasaran adalah pada bagian puting payudara. Mungkin Anda sudah pernah dengar atau bahkan mengalaminya sendiri, bahwa ada beberapa orang yang mengalami tumbuh rambut tepat pada puting. Tentunya hal itu akan membuat risih serta serta bertanya-tanya mengapa bisa tumbuh rambut pada puting.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Sebab, kemunculan rambut pada puting payudara adalah hal yang normal dan tidak membahayakan. Adapun penyebabnya adalah sebagai berikut:

1. Kelebihan Hormon

Pada setiap pertumbuhan, setiap wanita akan mengalami peningkatan hormon pada tubuhnya. Salah satu hormon yang mengalami kenaikan adalah hormon testosterone yang menyebabkan tumbuhnya rambut halus pada beberapa bagian tubuh, salah satunya pada puting. Namun, jika tumbuhnya rambut pada puting cukup lebat, itu menandakan adanya ketidakstabilan hormon di dalam tubuh Anda.

2. Obat-Obatan

Kemunculan bulu tersebut juga bisa disebabkan oleh efek dari obat-obatan yang Anda konsumsi. Sebab, ada beberapa obat-obatan yang membuat hormon di dalam tubuh menjadi tak seimbang sehingga memunculkan bulu pada puting payudara. Maka dari itu, hentikan mengonsumsi obat-obatan tertentu tanpa resep atau petunjuk dari dokter.

3. Hirsutisme

Untuk yang satu ini memang telah banyak terjadi. Hirsutisme merupakan sebuah kondisi yang mana seorang wanita memiliki kelebihan hormon yang seharusnya dimiliki oleh pria. Salah satu efek dari hirsutisme ini adalah kemunculan ciri-ciri pria, misalnya rambut pada tempat yang tidak umum, misalnya kumis, jenggot, dan puting payudara.