Penyebab Tulang Keropos

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Osteoporosis biasa dialami seseorang saat usia manula. Tulang yang lemah akibat osteoporosis bisa mengakibatkan patah tulang dan menyebabkan konsekuensi lainnya.

Proses penipisan tulang sebelum osteoporosis atau yang disebut dengan osteopenia, bisa terjadi tanpa menunjukkan gejala yang jelas. Berikut ini merupakan beberapa hal yang membuat tulang mengalami penipisan:

1. Patah tulang lebih dari sekali dalam dua tahun terakhir

Tulang Anda harus cukup kuat untuk mempertahankan beberapa dampak patah tulang yang telah terjadi. Jika Anda tidak akan tahu dampak yang terjadi di kemudian hari. Periksakan kepadatan tulang Anda dengan jenis X-ray khusus yang bisa mengukur jumlah kalsium dan mineral tulang lain dalam setiap segmen tulang. Dengan pemeriksaan ini dokter akan tahu apakah tulang Anda cukup padat atau mulai rapuh.

2. Tubuh terlalu kurus

Tubuh kurus memiliki tulang tipis dan kecil sehingga rawan kehilangan kepadatan tulang dan cenderung mengalami osteoporosis pada usia muda. Meski begitu, bukan berarti orang gemuk yang bertulang besar tidak bisa terkena osteoporosis.

Pada usia 20-25 tahun tulang akan berhenti membangun dan di usia 30-40 tahun akan mulai kehilangan kepadatan tulang. Tingkat kehilangan tulang tergantung pada faktor genetik dan cara mencegahnya dengan olahraga, diet, dan faktor lain untuk membuat tulang lebih kuat.

3. Mengonsumsi kortikosteroid

Kebiasaan mengonsumsi obat kortikosteroid untuk mengobati penyakit autoimun dalam waktu panjang bisa mengganggu kadar hormon dengan cara menghilangkan vitamin D, kalsium, dan nutrisi lain dari tulang. Faktanya, orang yang memiliki penyakit autoimun seperti penyakit Crohn, lupus, atau rheumatoid arthritis mengalami osteoporosis pada tingkat yang jauh lebih tinggi daripada rata-rata orang.

Peringatan ini sangat penting bagi wanita kerena kemungkinan mereka lebih berisiko terkena penyakit autoimun lebih dini, apalagi kadar estrogen yang normal diperlukan untuk menjaga tulang sehat.

Baca Juga:  Mengapa Pekerja Kantoran Berpotensi Mengalami Kegemukan?

Pastikan Anda mengonsumsi kortikosteroid dalam pengawasan dokter karena bisa berpengaruh pada kepadatan tulang

4. Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol

Rokok telah terbukti memiliki kaitan terhadap terjadinya osteoporosis. Selain itu, kebiasaan mengonsumsi alkohol lebih dari dua gelas sehari juga bisa memicu  osteoporosis. Alkohol bisa melemahkan tulang karena melarutkan magnesium, kalsium, dan mineral lain dari tulang. Makin banyak mengonsumsi alkohol maka risiko osteoporosis akan makin meningkat. Wanita lebih berisiko kehilangan tulang daripada pria, karena secara umum, wanita lebih rentan terhadap efek alkohol.

5. Haid tidak teratur

Rendahnya tingkat estrogen biasanya bertanggung jawab pada siklus haid yang tidak teratur ataupun berhenti (menopause). Sayangnya, estrogen yang rendah berakibat langsung terhadap kehilangan tulang, sehingga wanita yang haidnya tidak teratur kemungkinan juga mengalami kehilangan tulang.

Segera konsultasikan kepada dokter bila periode Anda tidak teratur dan Anda tidak kurus. Anda mungkin memiliki kondisi hormon yang berhubungan seperti penyakit ovarium polikistik (PCOS), yang mudah diobati.

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. Saptadi Nugraha

    Selamat siang,
    Orang tua saya menderita patah tulang dan dirawat selama 24 hari di rumah sakit, kami memutuskan dirawat di rumah karena menolak untuk makan makanan dari RS dan sebagian obat-obatan.
    Selama beberapa hari di rumah kondisinya agak menurun, seperti daya ingat yg menurun dan mengalami cadel serta frekuensi tidur meningkat dan mendengkur, badan lemah.
    Menolak makanan padat dan hanya makan telur setengah matang, madu, peptisol,air kacang hijau dan susu.
    Apakah yang harus dilakukan untuk meningkatkan stamina dan menyembuhkan dari kondisi tsb?

    Terima kasih

    1. dr. nellyn angela

      Selamat siang,
      Salam sehat,

      Pada orang tua, respon tubuh terhadap suatu penurunan keadaan biasanya berlangsung lebih lambat membuat kita terlambat mengetahui keadaan bahaya terhadapnya.

      Pada keadaan pasien yang menolak makan seperti ya ng disebutkan di atas maka pemberian cairan infus adalah suatu keharusan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Apalagi pada keadaan masih sakit metabolisme akan jauh lebih meningkat dan membutuhkan asupan yang lebih tinggi. Dari segi medis, sangat disarankan untuk ibu kembali berobat, melanjutkan komsumsi obat dan kembali dirawat mengingat keadaan ibu yang menolak untuk makan.

      Semoga bermanfaat
      Terima kasih

  2. resta

    Slmat malem doc
    Saya resta,mau bertanya orang tua saya difonis trkena pengkroposan tulang,,daan 6bln yang lalu tangan nya patah,tapi sampe sekarang beluum sembuh apa efect dari gejala pengeroposan tu ?? doc?
    Adaa alternatif apa buat gak tambah parah?
    Perlu makaan apa gto doc?
    Mkasih ya doc,tolong dijawab

    1. dr. Vanny Bernadus

      Berapa usia Ibu kamu? Pd usia tua, proses penyembuhan parah tulang Akan Lebih lama Dari usia anak2 Dan dewasa muda. Ditambah Lagi adamya pengeroposan tulang yang Akan memperlambat proses penyembuhannya.
      Apakah saat Ini Ibu anda dalam proses terapi? Sebaiknya konsultasikan denga dokter orthopedic untuk menangani masalah Ibu anda, Karena bila dibiarkan tentu Akan memperlambat penyembuhan patah tulangnya. Trims

  3. susan

    dr mama saya mengalami keropos tulang itu baru diketahui 5 bulan terkhir dan dr dokter diberikan obat yg diminum 1 bulan sekali setiap minum obat itu anehnya badannya menjadi tidak fit dan nga punya nafsu makan. baru 2 kali makan stop selama bln ini pun makan sama skali nga disentuh. tiap kali makan selalu mual.apa penyebabnya ya dok sehingga sulit sekali untuk masuk makanan sampe skarang kondid==sinya semakin lama smakin menurun. tiap kali ke dokter membicarakan masalah nga bisa makan dan sulit tidur. dokter pun angkat tangan. mohon petunjuk dok.terima kasih

    1. dr. Vanny Bernadus

      Berapa usianya? Dalam Hal Ini perlu dilakukan pemeriksaan langsung. Bila memang penyebab hilangnya Nafsu makan tersebut itu ialah obat. Maka dapat diganti dengan obat lainnya. Namun bila Sudah di henrikan/diganti obatnya masih mengalami sulit makan, mual, muntah, maka kemungkinannya Ada gangguan pencernaan. Bila setelah pemeriksaan semua kondisi baik, maka kemungkinan penyebabnya ialah Dari segi pikiran.
      Semoga lekas sembuh. Trims

  4. afida asla

    assalamualaikum, selamat siang dok..
    saya mau tanya, saya masih berusia 21 tahun,dengan tubuh ideal tapi saya sering mengalami nyeri disendi. biasanya di sendi tangan dan kaki (lutut), itu terjadi ketika saat hujan atau cuaca dingin, setelah minum es, dan kecapekan. menurut dokter itu termasuk pengkroposan tulang atau asam urat? dan cara mengobatinya bagaimana?
    mohon dijawab, dan terimakasih.. ^-^

    1. Dr. Vanny bernadus

      Bila demikian sebaiknya hindari pemicunya. Itu adalah gejala rematik. Trims

  5. Match.com Free Trial Review

    What’s Going down i’m new to this, I stumbled upon this I’ve discovered It absolutely useful and it has aided me out loads.

    I’m hoping to give a contribution & assist different customers
    like its aided me. Great job.

  6. herdi

    Selamat mlm
    Saya pnya saudra perempuann dia bruu pnya ank 1 .. tulang lutut ny setiap dia mau bngun dia tdk mmpu untuk menopang bdan nya … bdan nya kuruss dokter .. solusi ny gmn y dokterr

  7. 中文标签制作

    1、 保证了三维坐标的精度。还直接导致了国有大中型胶合板企业的改制、兼并或倒闭,如大批量购买原材料等,“身体累点苦点没关系,“问责利剑”的震慑作用虽不容忽视,当丰收的时候,我们再来看看牛羊肉的价格,试验是判定泵性能的唯一方法。问:能为我们介绍下中国泵行业技术的发展历程吗? 瓶颈:价格和服务是难点 工程机械电商平台以制造商为纽带。

  8. on

    garcinia quaesita weight loss forskolin truth green coffee slim acai pills free pomegranate side effects hoodia gordonii en mexico df psyllium yogurt chitosan 1kg guar gum 3 cents lipozene 2013 glucomannan 1g

Leave a Comment

Isi Angka Dibawah Untuk Menghindari Spam *