Ketahui Penyebab Tulang Ekor Sakit & Nyeri

tulang ekor sakit

DokterSehat.Com – Tulang ekor sakit tentu bisa menjadi hal yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Banyak cedera pada bagian tubuh kita yang sering dialami saat kita terjatuh, termasuk membuat kita mengalami sakit tulang ekor atau nyeri.

Salah satu penyebab tulang ekor sakit memang terjatuh dan mengalami cedera. Cedera ini terkadang bisa memberikan akibat yang fatal terutama pada tulang kita, apa lagi jika kita terjatuh pada saat posisi terduduk. Salah satu tulang terkecil dalam tubuh yaitu tulang ekor dapat menyebabkan sakit yang luar biasa.

Tulang ekor terletak di ujung bawah tulang belakang. Ruas tulang ini biasanya terlindungi dengan baik, tetapi ketika terluka saat jatuh atau trauma lain, maka tulang ekor bisa memar atau dislokasi tulang.

Segala bentuk cedera pada tulang ekor dapat menyebabkan masalah serius karena terdapat banyak saraf dan otot yang melekat pada tulang ekor, seperti saraf yang mengelilingi seluruh tulang belakang, otot-otot dasar panggul, daerah usus, serta paha dan kaki bagian atas. Sakit pada tulang ekor patut diwaspadai karena mengingat betapa pentingnya posisi tulang ini di tubuh kita. Anda bisa melakukan penanganan pada tulang ekor sakit sebelum anda mengunjungi dokter untuk melakukan penanganan lebih lanjut.

Penyebab Tulang Ekor Sakit

Penyebab tulang ekor sakit antara lain adalah posisi duduk yang salah, pukulan langsung ke tulang belakang, terluka atau patah selama persalinan, tegang atau gesekan berulang-ulang seperti gerakan pada mendayung dan bersepeda.

Selain itu, nyeri tulang ekor juga bisa terjadi jika terjatuh atau mengalami kecelakaan dalam keadaan terduduk. Benturan antara tulang ekor dengan dengan lokasi terjatuh di permukaan keras seperti lantai atau pun permukaan jalanan bisa menjadi penyebab tulang ekor sakit. Nyeri tulang ekor akibat posisi terjatuh yang seperti ini bisa menjadi sangat menyakitkan.

Gejala Sakit Tulang Ekor

Gejala sakit tulang ekor cukup mudah dikenali, yaitu sakit pada tulang belakang, memar, sakit bertambah saat duduk, kesulitan ketika buang air besar.

Pengobatan Sakit pada Tulang Ekor

Sakit pada tulang ek0r bisa menjadi gangguan kesehatan yang sangat mengganggu aktivitas. Bayangkan saja, anda bahkan tidak bisa duduk dengan nyaman jika tulang ekor sakit. Maka dari itu, anda perlu untuk mengetahui pengobatan nyeri tulang ekor. Meskipun sangat mengganggu, namun sakit pada tulang ekor ini bisa dikurangi bahkan disembuhkan dengan cara yang tepat.

Tujuan utama perawatan sakit tulang ekor adalah mengurangi gejala nyeri tulang ekor yakni dengan penderita disarankan untuk tidak duduk terlalu lama, mengkonsumsi obat nyeri, bisa juga dengan kompres es di sekitar tulang yang mengalami cedera.

Selain karena cedera saat kita terjatuh, penyebab tulang ekor sakit yang dapat mengakibatkan tulang ekor nyeri adalah duduk terlalu lama, terutama jika kebiasaan ini dilakukan setiap hari dalam waktu yang panjang.

Duduk terlalu lama dapat menambah beban pada sendi-sendi tulang punggung. Berhubung penyebab tersebut merupakan pekerjaan Anda sehari-hari, hal yang utama yang perlu diperhatikan adalah kenyamanan saat duduk.

Rasakan apakah Anda merasa nyaman dengan level ketinggian antara kursi dan meja dan juga sudut saat menghadap komputer. Usahakan posisi duduk yang senyaman mungkin. Idealnya kursi yang dipakai dapat digerakkan (diputar) dan dapat diatur ketinggiannya, karena anda menggunakannya sepanjang hari.

Hal lain yang dapat dilakukan untuk mencegah tulang ekor sakit:

  • Hindari posisi tubuh yang tidak simetris antara anggota badan dan anggota gerak (posisi seolah melintir). Apabila hendak meraih sesuatu di sebelah kanan atau kiri Anda, berdiri atau putarlah kursi kerja Anda, sehingga seluruh tubuh menghadap ke benda yang hendak Anda raih. Jangan memaksakan diri untuk mengambil barang di tempat yang membuat anda terpaksa untuk memelintir anggota badan. Posisi tubuh yang salah saat memaksakan diri mengambil barang bisa membuat anda mengalami nyeri tulang, termasuk sakit pada tulang ekor.
  • Usahakan agar seluruh telapak kaki dapat menapak lantai saat duduk atau kaki tidak perlu seolah jinjit karena kursi yang terlalu tinggi.
    Apabila ternyata tinggi meja memaksa anda untuk mempunyai kursi yang tinggi sehingga telapak kaki tidak bisa menapak di lantai, dapat digunakan penyangga kaki. Jangan biarkan kaki anda menggantung terlalu lama. Cari posisi duduk ternyaman agar anda tidak perlu mengalami rasa sakit pada tulang ekor, maupun pada tulang lainna.
  • Jangan melipat satu kaki di atas kaki yang lainnya dalam jangka waktu yang lama. Duduklah dengan kedua kaki sejajar agar tidak tejadi cedera atau sakit pada tulang ekor. Selain lebih sopan, duduk tanpa melipat kaki juga bisa membuat posisi tulang menjadi stabil karena posisi duduk anda pasti menjadi lebih tegak.
  • Jangan duduk dalam posisi yang sama dalam waktu yang lama, usahakan untuk mengubah posisi duduk setiap 30 menit. Berjalan dan berenang dapat membantu mengurangi nyeri punggung yang terjadi, termasuk dapat mengurangi risiko sakit pada tulang ekor.