4

Penyebab Tulang Ekor Nyeri

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Banyak cedera pada bagian tubuh kita yang sering dialami saat kita terjatuh. Cedera ini terkadang bisa memberikan akibat yang fatal terutama pada tulang kita, apa lagi jika kita terjatuh pada saat posisi terduduk. Salah satu tulang terkecil dalam tubuh yaitu tulang ekor dapat menyebabkan sakit yang luar biasa.

Tulang ekor terletak di ujung bawah tulang belakang. Ruas tulang ini biasanya terlindungi dengan baik, tetapi ketika terluka saat jatuh atau trauma lain, maka tulang ekor bisa memar atau dislokasi tulang.

Segala bentuk cedera pada tulang ekor dapat menyebabkan masalah serius karena terdapat banyak saraf dan otot yang melekat pada tulang ekor, seperti saraf yang mengelilingi seluruh tulang belakang, otot-otot dasar panggul, daerah usus, serta paha dan kaki bagian atas.

Penyebab

Penyebab cedera tulang ekor antara lain, posisi duduk yang salah, pukulan langsung ke tulang belakang, terluka atau patah selama persalinan, tegang atau gesekan berulang-ulang seperti gerakan pada mendayung dan bersepeda.

Gejala

Sakit pada tulang belakang, memar, sakit bertambah saat duduk, kesulitan ketika buang air besar.

Pengobatan

Tujuan utama perawatan adalah mengurangi gejala yakni dengan penderita disarankan untuk tidak duduk terlalu lama, mengkonsumsi obat nyeri, bisa juga dengan kompres es di sekitar tulang yang mengalami cedera.

Selain karena cedera saat kita terjatuh, penyebab lain yang dapat mengakibatkan tulang ekor nyeri adalah Duduk terlalu lama.

Duduk terlalu lama dapat  menambah beban pada sendi-sendi tulang punggung. Berhubung penyebab tersebut merupakan pekerjaan Anda sehari-hari, hal yang utama yang perlu diperhatikan adalah kenyamanan saat duduk.

Rasakan apakah Anda merasa nyaman dengan level ketinggian antara kursi dan meja dan juga sudut saat menghadap komputer. Usahakan posisi duduk yang senyaman mungkin. Idealnya kursi yang dipakai dapat digerakkan (diputar) dan dapat diatur ketinggiannya, karena anda menggunakannya sepanjang hari.

Baca Juga:  Neuroblastoma, Jenis Kanker Yang Rawan Dialami Anak-Anak

Hal lain yang dapat dilakukan:

1. Hindari posisi tubuh yang tidak simetris antara anggota badan dan anggota gerak (posisi seolah melintir).
Apabila hendak meraih sesuatu di sebelah kanan atau kiri Anda, berdiri atau putarlah kursi kerja Anda, sehingga seluruh tubuh menghadap ke benda yang hendak Anda raih.

2. Usahakan agar seluruh telapak kaki dapat menapak lantai saat duduk atau kaki tidak perlu seolah jinjit karena kursi yang terlalu tinggi.
Apabila ternyata tinggi meja memaksa anda untuk mempunyai kursi yang tinggi sehingga telapak kaki tidak bisa menapak di lantai, dapat digunakan penyangga kaki.

3. Jangan melipat satu kaki di atas kaki yang lainnya dalam jangka waktu yang lama

4. Jangan duduk dalam posisi yang sama dalam waktu yang lama, usahakan untuk mengubah posisi duduk setiap 30 menit.

5. Berjalan dan berenang dapat membantu mengurangi nyeri punggung yang terjadi.

Dari berbagai sumber

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. dr. Vanny Bernadus

    Bila anda ingin mendapatkan tindakan medis langsung, anda bisa segera ke UGD atau RS terdekat, dan anda bisa langsung diperiksa dengan alat, dilakukan tindakan lainnya bila memang dianggap perlu.
    Konsultasi online memang memiliki keterbatasan, dimana kami para dokter hanya bisa memberikan keterangan karena kami tidak bisa menyuntik atau melakukan tindakan apapun secara online. Website kesehatan hanya membantu memberikan informasi, tanpa melakukan tindakan atau terapi apapun. Seharusnya anda menyadari akan manfaat positifnya bukan hanya mencari cela dan ingin sesuatu secara gratis. Saat ini sudah ada program kesehatan gratis dari pemerintah dan seharusnya anda bisa memanfaatkannya dengan bijaksana.

    Terima kasih

  2. lucky cahyadi

    Selamat siang dok, istri saya mengalami jatuh didepan kamar mandi, skr dia umur 32, dan jatuhnya pantat duluan, pernah dipijat sekali besok harinya dan masih sakit, jd setelah saya rontgen dan konsultasi ke dokter katanya bergeser, harus di bius dan jari dokter masuk ke dubur dan lsg dibenarkan, mengingat biayanya yg sktr 7jt dan saya tidak punya dana kalau segitu besarnya, kalau dibiarkan saja dan di berikan obat pereda nyeri kira2 bisa sembuh atau balik lg ga dok posisi tulang ekornya? Atau saya harus bagaimana ya dok? Skr sudah 10 hari setelah jatuh. Karna pernah ada yg bilang kalau tulang ekor itu adalah tulang muda dan dapat berbalik ke posisi semula tanpa ada tindakan, mohon infonya dok. Trimakasih.

    1. Dokter Eko B

      Selamat mlama Lucky
      patah/bergeser pada tulang ekor memang sebaiknya dilakukan reposisi sehinga didapatkan hasil tulang menyatu kembali seperti semula

      bila tidak dilakukan reposisi. sebaiknya secara berkala dilakukan evaluasi dengan rintgen untuk melihat apakah tulang kembali menyatu, atau tidak menyatu kembali

      sebaiknya anda sekeluarga mengurus BPJS agar bila sewaktu2 perlu berobat tidak terkendala biaya
      terima kasih

  3. Alda Tresia Amalia

    Ass.wr.wb dok{} saya alda umur saya baru 16thun. sudah bbrpa bulan ini sya sering sekali mengalami sakit pada tulang ekor deket zubur. ini gejala apa yah dok?? tapi waktu menstruasi dtng sakitnya ilang. tetapi setelah selesai menstruasi rasa sakit itu kembali muncul

    1. Dokter Eko B

      Selamat malam Alda
      maaf, apaka ada benjolan yang keluar dari anus?
      atau darah menetes setelah buang air besar?
      bila ya dapat disebabakan karena ambeien

      apakah anda pernah terjatuh atau cedera yang mengenai tulang ekor?
      bila ya, dapat dsevavkan karena cedera saraf
      terima kasih

  4. Tarno

    Selamat malam dok, Saya sudah 5 bulan sakit pinggang, terutama kalau terasa mau bab pinggang terasa sakit sekali, dan sekarang ini malah mau bab anus juga sakit, tolong infonya dok, terima kasih

  5. Tarno

    Selamat malam dok, pinggang saya sakit sekali ketika ingin bab, terima kasih,

    Tarno

Leave a Comment

Isi Angka Dibawah Untuk Menghindari Spam *