images

Penyebab Tulang Ekor Nyeri

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Banyak cedera pada bagian tubuh kita yang sering dialami saat kita terjatuh. Cedera ini terkadang bisa memberikan akibat yang fatal terutama pada tulang kita, apa lagi jika kita terjatuh pada saat posisi terduduk. Salah satu tulang terkecil dalam tubuh yaitu tulang ekor dapat menyebabkan sakit yang luar biasa.

Tulang ekor terletak di ujung bawah tulang belakang. Ruas tulang ini biasanya terlindungi dengan baik, tetapi ketika terluka saat jatuh atau trauma lain, maka tulang ekor bisa memar atau dislokasi tulang.

Segala bentuk cedera pada tulang ekor dapat menyebabkan masalah serius karena terdapat banyak saraf dan otot yang melekat pada tulang ekor, seperti saraf yang mengelilingi seluruh tulang belakang, otot-otot dasar panggul, daerah usus, serta paha dan kaki bagian atas.

Penyebab

Penyebab cedera tulang ekor antara lain, posisi duduk yang salah, pukulan langsung ke tulang belakang, terluka atau patah selama persalinan, tegang atau gesekan berulang-ulang seperti gerakan pada mendayung dan bersepeda.

Gejala

Sakit pada tulang belakang, memar, sakit bertambah saat duduk, kesulitan ketika buang air besar.

Pengobatan

Tujuan utama perawatan adalah mengurangi gejala yakni dengan penderita disarankan untuk tidak duduk terlalu lama, mengkonsumsi obat nyeri, bisa juga dengan kompres es di sekitar tulang yang mengalami cedera.

Selain karena cedera saat kita terjatuh, penyebab lain yang dapat mengakibatkan tulang ekor nyeri adalah Duduk terlalu lama.

Duduk terlalu lama dapat  menambah beban pada sendi-sendi tulang punggung. Berhubung penyebab tersebut merupakan pekerjaan Anda sehari-hari, hal yang utama yang perlu diperhatikan adalah kenyamanan saat duduk.

Rasakan apakah Anda merasa nyaman dengan level ketinggian antara kursi dan meja dan juga sudut saat menghadap komputer. Usahakan posisi duduk yang senyaman mungkin. Idealnya kursi yang dipakai dapat digerakkan (diputar) dan dapat diatur ketinggiannya, karena anda menggunakannya sepanjang hari.

Hal lain yang dapat dilakukan:

1. Hindari posisi tubuh yang tidak simetris antara anggota badan dan anggota gerak (posisi seolah melintir).
Apabila hendak meraih sesuatu di sebelah kanan atau kiri Anda, berdiri atau putarlah kursi kerja Anda, sehingga seluruh tubuh menghadap ke benda yang hendak Anda raih.

2. Usahakan agar seluruh telapak kaki dapat menapak lantai saat duduk atau kaki tidak perlu seolah jinjit karena kursi yang terlalu tinggi.
Apabila ternyata tinggi meja memaksa anda untuk mempunyai kursi yang tinggi sehingga telapak kaki tidak bisa menapak di lantai, dapat digunakan penyangga kaki.

3. Jangan melipat satu kaki di atas kaki yang lainnya dalam jangka waktu yang lama

4. Jangan duduk dalam posisi yang sama dalam waktu yang lama, usahakan untuk mengubah posisi duduk setiap 30 menit.

5. Berjalan dan berenang dapat membantu mengurangi nyeri punggung yang terjadi.

Dari berbagai sumber

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. Ophie LaBerge

    Bu Dokter,
    Saya berusia 47 tahun, dan sering bepergian jauh. Setiap kali habis bepergian , naik dan duduk di pesawat sampai lebih dari 10 – 15 jam nonstop, membuat tulang ekor saya terasa nyeri… Bahkan terasa sakit jika duduk dan berbaring.. Dan itu cukup menganggu , karena berlangsung lama, kira kira 3 minggu …
    Padahal saya berusaha untuk merubah posisi duduk berkali kali… Kadang saya sempatkan berkalan atau berdiri .

    Adakah obat penghilang nyeri? Bisakah saya meminum semacam diclofenac? Atau ada obat khusus?,
    Apakah massage dapat mengurangi sakit dan menyembuhkannya.?

    Terima kasih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Pernah terjatuh atau terbentur? Sebaiknya periksakan dulu ke dokter. Jangan minum obat sembarangan atau melakukan pijat sembarangan. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. Enok Nurlia

    Salam dok

    sekitar lima tahun saya menderita sakit dibagian maaf pantat dekat tulang ekor, mula mula terasa sakit kalau duduk lama (duduk di kendaraan) tetapi semakin lama duduk di tempat kerja atau di rumah suka terasa sakit, saya sudah melakukan roncent beberapa kali tapi tidak ada kelainan yang serius menurut dr, kenapa ya dok? sakit apakah yg saya alami? kalau saya mau periksa sebaiknya di periksa ke dr specialis apa? terimakasih dok.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Pernah terjatuh atau terbentur? Sebaiknya diperiksakan ke dokter spesialis orthopedi. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. kasih

    Mau nanya nih dua hari yg lalu tiba-tiba tulang ekor saya skit
    klau buat dduk. .Dan sya udh prgi ke tempat rfleksi tpi tulang saya masih sakit. ..Obatnya pa yahhh…thenka.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. Penilai

    Kepada Admin atau dr sehat, sebaiknya rubik tanya jawab ini ditiadakan, anda selalu menyarankan tanya dokter lagi tanpa mmeberi solusi, anak sd aja tau jawab itu, ===pemalas===

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. Dokter Ajaib

      Seharusnya anda lebih bijak menulis komentar, ada alasan mengapa rubrik tanya jawab doktersehat ini mengharuskan anda untuk menemui dokter agar masalah yang anda tanyakan bisa lebih tepat. Mungkin jawaban yang diberikan disini bersifat umum, namun tentunya dibutuhkan analisa lebih lanjut agar tidak terjadi salah diagnosa.

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. Krist

    Mau tanya dok kalau tulang ekor buat naik motor terasa sakit banget, cara penyembuhan apakah sama di atas? Trima kasih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. Caroline

    dok, saya sudah rontgen sacro coxigeus dan hasilnya : Tulang sacrum , coccygeus intact , tampak angulasi coccygeus ( post trauma atau anomali ) . Apa artinya ya dok? Terima Kasih…

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. Ratna

    Maf mau nanya.saya ada sedikit agak keluhan,ketika saya batuk atau bersin kenapa di bagian bwah pinggang terasa agak sakit.lebh tepatnya di atas dubur.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. Resty Ariska Plc

    Sayaa alhamdulilah tidak susah buang air besar,tetapi seelain tulang ekor saya sakit d sebabkan kerjanya duduk tiap hari,dan juga pulang pergi jarak jauh d kendaraan,kalau batur dan ketawa terlalu bersemangat langsung sakit ke tulang ekor,apa ini tidak ber bahaya…?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

Leave a Comment