Penyebab Tubuh Menggigil Kedinginan

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir jika mereka mengalami tubuh yang menggigil layaknya kedinginan, maka tubuh biasanya sedang mengalami gejala pilek atau demam. Memang, tubuh yang menggigil biasanya berkaitan dengan dua jenis penyakit umum tersebut. Namun, terdapat beberapa kondisi yang bisa membuat seseorang menggigil kedinginan meskipun suhu udara atau suhu ruangan sudah cukup panas. Berikut adalah beberapa kondisi kesehatan penyebab tubuh menggigil

doktersehat-anak-sakit-termometer

Tubuh yang menggigil ternyata bisa menjadi penanda tubuh anda sedang mengalami dehidrasi. Dehidrasi sendiri adalah kondisi dimana tubuh kekurangan cairan yang bisa mempengaruhi fungsi dari beberapa organ tubuh yang penting. Dengan kurangnya kandungan cairan, air yang biasanya mampu mengendalikan keseimbangan tubuh akhirnya kehilangan fungsinya dengan benar dan memicu tubuh yang menggigil kedinginan.

Jika kita tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, tubuh pun akan cenderung lebih mudah menggigil kedinginan. Tidur yang kurang maksimal akan membuat sistem saraf menjadi tidak normal dan bahkan mengganggu kinerja otak, khususnya yang mengendalikan kondisi suhu dalam tubuh sehingga anda pun akan mudah menggigil kedinginan jika kurang tidur.

Tubuh yang menggigil juga kerap kali dikaitkan dengan berat badan dan gizi dari makanan yang kita konsumsi. Sebagai contoh, beberapa orang memiliki tubuh sangat kurus dan hanya mengandung cadangan lemak sangat minimal sehingga akan tidak memiliki penghangat alami kala suhu udara cenderung menurun sehingga akan kesulitan menghangatkan badan. Selain itu, jika kita mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, tubuh kita bisa mengalami kekurangan zat besi. Tanpa adanya zat besi, oksigen yang ada di dalam darah tidak akan benar-benar tersebar ke seluruh tubuh. Kondisi ini bisa membuat tubuh menjadi mudah merasa kedinginan.