Trombositopenia – Penyebab: Sekuestrasi Limpa

Penyebab trombositopenia dapat dibagi menjadi tiga kategori:

doktersehat-sakit-organ-dalam

  1. Gangguan produksi,
  2. Meningkatnya penghancuran atau konsumsi, dan
  3. Sekuestrasi limpa.

Penyebab utama di masing-masing kategori diuraikan di bawah ini, walaupun ada penyebab kurang umum lainnya dari jumlah trombosit rendah yang tidak disebutkan dalam artikel ini.

Sekuestrasi limpa
Sekuestrasi limpa terjadi saat pembesaran limpa (misalnya, karena sirosis hati atau jenis leukemia tertentu) dan menangkap, atau menyita, lebih banyak trombosit di aliran darah lebih daripada biasanya. Hal ini bisa menyebabkan trombositopenia.

Pada bayi, banyak kondisi yang serupa juga dapat menyebabkan trombositopenia neonatal. Ada juga beberapa kondisi genetik langka yang juga bisa menyebabkan trombositopenia pada anak saat lahir.

Pseudotrombositopenia adalah istilah yang diberikan pada situasi di mana ada jumlah trombosit yang salah pada pemeriksaan darah yang diperiksa oleh laboratorium. Hal ini bisa terjadi karena platelet menggumpal bersamaan saat darah ditarik. Oleh karena itu, sejumlah kecil trombosit individu dapat terlihat di bawah mikroskop, dan ini bisa dikacaukan dengan trombositopenia yang sebenarnya. Pengambilan darah berulang, sebaiknya di dalam tabung yang mencegah penggumpalan, biasanya akan memecahkan masalah ini.

Trombositopenia dilusi adalah kondisi lain yang mungkin terlihat saat beberapa unit sel darah merah telah ditransfusikan dalam waktu singkat. Seiring volume darah mengembang, trombosit mungkin tampak lebih langka karena didistribusikan dalam volume yang lebih besar.

Kapan harus mencari perawatan medis untuk trombositopenia (jumlah trombosit rendah)?
Trombositopenia biasanya terdeteksi secara kebetulan pada pemeriksaan darah rutin yang dilakukan untuk tujuan lain. Dokter yang memesan tes dapat menentukan seberapa parah kondisinya dan seberapa mendesak penyelidikan lebih lanjut perlu dilakukan.

Trombositopenia biasanya dievaluasi oleh dokter penyakit dalam (internis), dokter keluarga, atau spesialis gangguan darah (hematologists).