Penyebab Tidak Terduga Munculnya Jerawat di Jidat

DokterSehat.Com– Siapa sih yang bisa tetap tenang dengan datangnya jerawat di muka. Bagi kaum hawa misalnya, jerawat bisa menjadi bencana bagi kecantikan wajah mereka karena bisa sangat mengganggu penampilan. Jika kita mengalami jerawat yang muncul di jidat, bisa jadi hal ini disebabkan oleh hal-hal yang tidak terduga seperti sebagai berikut.

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo

Tidak cocok dengan produk kosmetik
Seringkali, jerawat yang muncul di jidat ternyata disebabkan oleh penggunaan kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit kita. Bahan kimia pada kosmetik ini akan memicu iritasi atau menyumbat pori-pori kulit sehingga menimbulkan datangnya jerawat.

Ketombe atau masalah rambut berminyak
Tidak disangka, masalah ketombe atau rambut berminyak ternyata bisa memicu datangnya jerawat di jidat. Hal ini disebabkan oleh produksi minyak berlebihan atau kotoran dari ketombe yang bisa menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat.

Stress
Stress bisa memicu sumbatan pada folikel rambut dan akhirnya memicu datangnya jerawat.

Gangguan pencernaan
Banyak orang yang tidak menduga jika gangguan pencernaan layaknya sembelit, perut kembung, dan heartburn juga bisa memicu jerawat.

Kebiasaan memencet jerawat
Banyak orang yang tidak tahan dengan adanya jerawat sehingga memilih untuk memencetnya agar lebih cepat pecah. Sayangnya, kebiasaan ini bisa membuat bakteri penyebab jerawat semakin menyebar di kulit sekitar dan menyebabkan masalah jerawat menjadi semakin meluas.

Eksfoliasi yang dilakukan dengan berlebihan
Eksfoliasi atau pengelupasan kulit mati memang bisa membuat kulit menjadi lebih sehat dan cantik. Namun, jika kita melakukannya lebih dari dua kali dalam sepekan, maka kulit wajah kita justru akan lebih mudah mengalami iritasi dan jerawat.