Penyebab Tersembunyi Dari Penyakit Jantung Pada Wanita Muda

DokterSehat.Com – Selama ini banyak orang beranggapan,  penyakit jantung dipicu karena gaya hidup yang tidak sehat, seperti terbiasa mengkonsumsi makanan berlemak, jarang berolah raga atau tingkat stres yang tinggi. Namun sebuah studi terbaru menemukan fakta lain tentang penyebab penyakit jantung pada wanita muda. Apakah itu?



Menurut Journal of the American Heart Association, gangguan kesehatan mental juga bisa menyebabkan penyakit jantung. Jurnal tersebut menjelaskan, wanita di bawah usia 55 tahun, dengan kondisi depresi sedang atau berat, memiliki kemungkinan 2 kali lebih besar terkena penyakit jantung fatal, seperti serangan jantung.

Dalam penelitian yang dilakukan pada 3.237 pria dan wanita dari berbagai kelompok umur. Dari penelitian itu disimpulkan, wanita dengan usia di bawah 55 tahun memiliki risiko 2,2 kali lebih besar untuk terkena serangan jantung, meninggal karena serangan jantung, atau memerlukan tindakan operasi jantung, jika didiagnosa mengalami depresi.

Dengan adanya penemuan ini, menjadikan depresi adalah penyebab tersembunyi penyakit jantung pada wanita muda. Apalagi wanita muda sangat rentan pada depresi dibandingkan dengan gender atau usia lainnya.