Penyebab Terasa Gatal Namun Saat Digaruk Gatal Susah Ditemukan Seperti Jauh Di Dalam

doktersehat-wanita-punggung-gatal-merah-itchy-kulit-alergi-Pruritus-garuk-cacar-air

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah merasakan sensasi gatal yang muncul di beberapa bagian tubuh. Namun, tatkala kita berusaha untuk menggaruknya, gatal ini seperti sangat sulit untuk ditemukan karena terasa sangat jauh di dalam kulit atau berpindah-pindah lokasi sensasinya. Hal ini tentu akan membuat kita kerepotan untuk mengatasi rasa gatal yang sangat mengganggu. Sebenarnya, apa penyebab dari sulitnya mencari bagian tubuh yang terasa gatal ini?

Pakar kesehatan dr. Eko Budidharmaja menyebutkan bahwa rangsangan sensasi gatal dibawa oleh serabut saraf yang juga membawa sensasi rasa nyeri. Sementara itu, penyebab dari munculnya rasa gatal juga bisa bermacam-macam. Sebagai contoh, saat kita mengalami masalah infeksi jamur, bekas gigitan jerawat, atau kulit mengalami kontak dengan beberapa benda yang memang bisa memicu sensasi gatal seperti debu atau bulu ulat. Selain itu, munculnya rasa gatal ternyata juga bisa disebabkan oleh reaksi alergi di dalam tubuh.

Saat mengalami reaksi alergi, maka tubuh akan melepaskan histamin untuk mengatasinya. Yang menarik adalah, pelepasan histamin ini kadangkala bisa memicu gatal yang lokasinya cenderung sulit untuk ditemukan.

Melihat adanya fakta ini, cobalah untuk mengingat kembali apa saja makanan atau minuman yang kita konsumsi sebelumnya atau benda-benda apa saja yang sebelumnya kita sentuh karena bisa jadi berbagai hal tersebutlah yang membuat tubuh kita mengalami reaksi alergi sehingga akhirnya memicu gatal-gatal yang sulit untuk ditemukan tersebut.

Meskipun secara umum tidak berbahaya dan rasa gatal ini bisa mereda seiring dengan waktu, beberapa jenis alergi bisa menyebabkan masalah kesehatan yang tidak bisa disepelekan. Jika rasa gatal ini tidak kunjung mereda dan bahkan menyebabkan gejala lain seperti munculnya bercak-bercak kemerahan atau seperti bekas gatal yang membengkak, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.