Sulit Hamil? Kenali Penyebabnya Berikut ini!

doktersehat pantangan hamil

DokterSehat.Com– Salah satu tujuan dari pernikahan adalah untuk mendapatkan keturuan. Bagaimana tidak, puncak kesuksesan serta keharmonisan dari sebuah keluarga adalah kumpul bersama, antara suami, istri, dan anak. Maka tak heran jika banyak pasangan muda yang sangat ingin memiliki momongan dan rela melakukan apapun agar meningkatkan kesuburan.

Namun, tidak sedikit pula keluarga yang sulit mendapatkan keturunan dikarenakan berbagai faktor yang terlihat sepele tapi justru membuat kesuburan terganggu. Berikut diantaranya:

1. Salah Menghitung Masa Subur

Bagi setiap wanita, sangat diwajibkan untuk dapat menghitung masa subur secara tepat. Sebab, dengan mengetahui masa subur, maka kemungkinan hamil akan menjadi lebih tinggi. Pasalnya, banyak pasangan baru yang tidak memiliki pengetahuan khusus mengenai masa subur. Jika Anda merasa ragu dalam mengitung masa subur, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter kehamilan.

2. Mengonsumsi Lemak Jenuh

Agar segera mendapat keturunan, jangan lupa untuk mengatur pola makan yang sehat. Sebab, salah satu penyebab ketidaksuburan adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Salah satu makanan yang mengandung lemak jenuh adalah junk food. Ya, makanan instan tersebut memang sangat tidak baik bagi kesehatan, khususnya kesuburan. Untuk itu, perbaiki pola makan Anda dan mengganti junk food dengan makanan yang kaya karbohidrat baik seperti gandum, pisang, kacang almon, ikan, dan sebagainya.

3. Olahraga Secara Berlebihan

Setiap orang memang sangat perlu untuk melakukan olahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan. Tapi, ada kalanya seseorang harus mengurangi olahraga, salah satunya bagi pasangan muda. Sebab, dengan olahraga yang terlalu berlebihan bisa memengaruhi produksi hormon. Akibatnya, kesuburan pun menjadi terganggu. Untuk itu, lakukanlah olahraga sewajarnya saja, misalnya olahraga kardio seperti senam, lari, bersepeda, dan sebagainya.