Penyebab Stres Pada Anak-anak

DokterSehat.Com – Pada masa tertentu, anak akan merasa stres. Namun Rebecca Baum, M. D., asisten profesor klinik anak di Nationwide Children’s hospital mengatakan, Stres merupakan bagian dari perkembangan anak karena mengalaminya akan menimbulkan koneksi baru dalam otak anak.

8

Stres dan ketegangan adalah keadaan yang umum ditemui pada anak-anak seperti  pada orang dewasa. Perubahan hormon dan fisik, tekanan akademik, orangtua lalai atau salah, tekanan teman sebaya, tantangan sosial, dan tanggung jawab keluarga semua bisa bergabung untuk menciptakan banyak stres pada anak. Dan tanggung jawab orangtua untuk menghadapi ini dengan pengertian dan kasih sayang . Stres pada anak bermanifestasi sebagai agresi, cacat emosional, kelemahlembutan, fobia, ketakutan, kelesuan, apatis dan pemberontakan.

Apa yang menyebabkan stres pada anak? Kebahagiaan atau kesedihan adalah emosi umum yang akan menunjukan stres mereka. Ada rentang yang waktu yang  luas dari gejala stres pada anak seperti gugup, sakit kepala, menggigit kuku, detak jantung cepat, dan sakit perut. Ada juga saat ketika mereka akan mengalami serangan stres  mereka  berkeringat, setelah perkelahian, mimpi buruk.

Sebagai anak-anak, penting bahwa mereka mampu untuk mengidentifikasi stressor atau sumber-sumber stres mereka. Setelah identifikasi, hanya ketika kita orangtua dapat bereaksi dengan tepat dan menyelesaikannya.

Ini adalah beberapa penyebab stres pada anak-anak secara umum :

  • Masalh keluarga
    Tidak bisa berhubungan atau  komunikasi dengan orangtua adalah penyebab stres utama pada anak-anak. Jika anak tidak merasakan perhatian dan perawatan dari orang tua mereka, mereka tidak mungkin dapat berkomunikasi dengan orang lain dan lingkungan sekitar.Ada juga persaingan antar saudara juga faktor lain. Anak-anak cenderung cemburu pada saudara mereka. Untuk anak yang datang dari keluarga berantakan atau keluarga yang bertengkar juga dapat menyebabkan stres.
  • Sekolah
    Beberapa guru tampak menakutkan dan tidak dapat mengajar secara efektif. Juga, teman sekelas dan teman sekolah yang memperlakukan mereka dengan cara mengancam atau mengejek . Akhirnya, nilai dan pekerjaan rumah adalah sumber umum dari stres anak.
  • Teman
    Tekanan teman sebaya adalah masalah umum yang menyebabkan stres. Ketika teman-teman ingin pergi keluar dan anak tidak diizinkan untuk pergi bersama mereka, itu adalah suatu perasaan buruk. Juga ketika teman-teman mencoba untuk mempengaruhi dia adalah situasi yang memicu stres.
  • Dan hal lainnya
    Teman bermain dan sepupu juga orang umum yang menyebabkan stres, mereka mungkin berebut mainan atau berdebat tentang hal lain.
Baca Juga:  Jangan Sembarangan Menciumi Bayi Yang Baru Lahir

Jadi sangat penting bagi kita orangtua untuk memantau dan memberikan perhatian yg penuh dan kesabaran yg tulus dengan cara :

  • Membiarkan mereka berbicara dan mendegarkan tanpa menyala
    Membuat mereka berbicara kepada orangtua atau siapa pun mereka bisa percaya untuk curhat sendiri seperti teman atau saudara tanpa ada paksaan, mampu untuk mengatasi  atau  mengurangi masalah mereka adalah cara yang baik untuk mengatasi stres.
  • Bermain dengan anak-anak anda
    Baca cerita yang dapat meringankan beban mereka, mendaftarkan mereka ke dalam kegiatan baru yang mereka dapat menghargai.Membantu mereka membuat hobi baru bahwa mereka akan cinta. Dan ikutsertakan mereka dalam kegiatan yang menyenangkan

Cobalah untuk tidak fokus pada situasi stres dengan membiarkan mereka melakukan sesuatu atau menjaga mereka sibuk atau terhibur, nah ayah bunda semoga semua ini bermanfaat ya.