Penyebab Seseorang Bisa Meninggal Saat Tidur

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah mendengar kabar tentang seseorang yang meninggal saat tidur. Tak hanya mereka yang sudah berusia lanjut, mereka yang masih berusia muda juga bisa meninggal saat dalam kondisi terlelap. Sebenarnya, apa sajakah penyebab seseorang bisa meninggal dalam tidurnya?

doktersehat-tidur-REM

Sleep apnea
Tak disangka, salah satu gangguan tidur yang dimiliki banyak orang ini ternyata bisa membuat seseorang meninggal dunia. Sleep apnea sendiri bisa membua seseorang mengalami henti nafas beberapa kali dalam semalam saat dalam kondisi terlelap. Dalam kasus yang parah, kondisi ini bahkan bisa terjadi hingga 5 kali dalam 1 jam. Yang menjadi masalah adalah, saat tubuh berada dalam kondisi nafas terhenti, bisa jadi tubuh tidak lagi mampu menarik nafas kembali dan akhirnya berujung pada kematian.

Gejala dari sleep apnea sendiri adalah kecenderungan untuk terbangun dengan kondisi lelah dan mengantuk sepanjang hari meskipun kita sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup. Selain itu, penderitanya juga bisa mendengkur dengan cukup keras.

Sudden cardiac arrest
Penyakit yang juga dikenal sebagai henti jantung ini terjadi karena jantung tiba-tiba saja menghentikan denyutannya. Kondisi ini disebabkan oleh kelainan sinyal listrik yang mengendalikan detak jantung. Berhentinya detak jantung ini bisa memicu kematian. Penyebab dari masalah henti jantung ini bisa karena tekanan darah atau kolesterol tinggi, diabetes, dan faktor genetik.

Serangan jantung
Serangan jantung terjadi karena adanya hambatan pada pembuluh darah yang membuat jantung tidak bisa mendapatkan suplai darah dan oksigen yang cukup. Hal ini ternyata bisa memicu kerusakan jantung yang sangat parah dan menyebabkan kematian.

Penggumpalan darah
Penggumpalan darah yang sangat parah akan menghalangi laju sirkulasi darah sehingga akhirnya membuat terhentinya aliran darah menuju otak dan jantung yang akhirnya menyebabkan kematian.

Baca Juga:  Kakek Ini Bangkit Dari Meninggalnya Sebelum Dikubur

Keracunan gas karbon monooksida
Karbon monooksida bisa keluar dari kompor, pemanas air atau mesin mobil yang menyala. Jika gas ini tetap berada di ruangan yang tertutup dan di dalamnya ada orang yang tidur, maka orang tersebut akan menghirup gas tersebut dan akhirnya meninggal dunia.