Terus-Terusan Kentut? Ini Penyebabnya

kentut-doktersehat
Photo Credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Kadangkala perut kita terasa tidak nyaman dan terus-terusan mengeluarkan kentut. Yang menjadi masalah adalah, bau kentut ini bisa sangat menyengat sehingga tentu akan mengganggu orang lain. Sebenarnya, apakah hal ini menandakan adanya masalah pada kesehatan?

Dilansir dari Mirror, pakar kesehatan Dr. Patricia Raymond dari American College of Gastroenterology menyebutkan bahwa setiap harinya kita bisa buang angin sebanyak 5 hingga 15 kali dalam sehari. Gas kentut ini diproduksi oleh saluran pencernaan saat mencerna makanan. Yang menarik adalah, jika kita lebih banyak mengonsumsi makanan sehat, ada kemungkinan kita mengeluarkan kentut lebih sering dan berbau menyengat.

Dr. Raymond menyebutkan bahwa makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, gandum utuh, dan kacang-kacangan justru membuat kentut kita memiliki bau yang paling menyengat. Sementara itu, bawang putih, brokolik, kubis, kecambah, dan kembang kol juga mengandung karbohidrat bernama raffinose yang sulit untuk dicerna oleh saluran pencernaan. Hal ini bisa membuat kita memproduksi gas dengan berlebihan dengan bau yang sangat menyengat.

Tak hanya dari makanan yang kita konsumsi, gas juga bisa kita telan saat makan atau minum tanpa kita sadari. Hal ini ternyata juga bisa membuat kita kentut dengan frekuensi yang terlalu sering. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita makan dengan tenang dan tidak terlalu cepat.

Dalam beberapa kasus, bau kentut yang sangat menyengat bisa jadi berkaitan dengan tubuh yang kesulitan untuk menyerap beberapa kandungan makanan. Sebagai contoh, jika kita mengalami masalah intoleransi laktosa atau kesulitan untuk mencerna produk susu, maka kita pun akan rentan terkena masalah pencernaan dan kerap mengeluarkan kentut.

Jika kentut yang terus-menerus keluar ini juga menyebabkan gejala lain seperti sakit perut atau bahkan diare, jangan ragu untuk memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan solusi yang terbaik.