Penyebab Sering Bersendawa

DokterSehat.com – Saat terjadi sesuatu yang tidak beres biasanya tubuh akan mengeluarkan gejala tertentu. Tapi, terkadang sinyal yang dikeluarkan tubuh kerap disepelekan. Misalnya saja sendawa yang terlalu sering.



Normal saja jika seseorang bersendawa, tapi jika keseringan itu bisa jadi pertanda tidak beres dalam tubuh Anda. Sejatinya sendawa merupakan proses mengeluarkan gas dari dalam perut. Terjadinya sendawa akibat adanya gas yang terperangkap di antara saluran pencernaan atas dan bawah. Gas yang berlebihan dalam perut ini harus dikeluarkan agar perut kembali nyaman.

Menurut dr. Grace Judio-Kahl MSc, MH, CHt, sendawa yang terlalu sering merupakan pertanda bahwa Anda harus memperhatikan pola konsumsi sehari-hari. Umumnya seseorang memproduksi ½ hingga 1 liter gas dan dikeluarkan 1-4 kali sehari. Ketidakseimbangan pola makan mengakibatkan adanya gangguan di sistem pencernaan. Kondisi ini mengakibatkan terjadinya ketidakseimbangan enzim yang menyebabkan sendawa.

Konsumsi daging yang melebihi konsumsi sayur diduga bisa menjadi pemicu sendawa berlebihan. Pada dasarnya daging membutuhkan usaha lebih enzim pencernaan seperti amilase, protease, lipase untuk mengolahnya. Sayangnya hal ini tidak selalu dapat dipenuhi sistem pencernaan. Akibat kurangnya enzim pencernaan ini maka seseorang akan mudah sekali bersendawa.

Agar sendawa tidak sering terjadi sebaiknya seimbangkan pola makan dengan sayur dan buah. Usahakan mengkonsumsi 3 mangkuk buah dan sayur agar tidak terlalu banyak enzim pencernaan untuk mengolah daging.