Penyebab Sembelit Yang Tidak Terduga

DokterSehat.Com – Mengapa kita dapat mengalami sembelit? Tentu saja, penyebab yang paling umum terjadi adalah karena menu makan kita yang salah, terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan atau makanan siap saji, kurangnya konsumsi serat, kurang minum, menahan buang air besar dan jarang bergerak. Tetapi ada alasan lain yang tidak berhubungan dengan cara Anda memperlakukan sistem pencernaan Anda yang masih tetap dapat membuat Anda mengalami sembelit. Apakah Anda tahu bahwa ada jenis suplemen atau obat-obatan tertentu dan masalah kesehatan tertentu yang juga dapat menyebabkan sembelit?



Berikut beberapa hal yang menyebabkan sembelit :

Jika Anda berusia lebih dari 40 tahun, Anda mungkin pernah mendengar teman Anda berbicara mengenai kelenjar tiroid mereka dalam konteks apakah kelenjar tersebut bekerja terlalu banyak atau bahkan tidak bekerja dengan maksimal. Orang yang memiliki kelenjar tiroid kurang aktif dapat merasakan bahwa tubuh mereka melambat dalam segala hal. Seringkali, bahkan pencernaan mereka pun melambat. Ketika itu terjadi, apa yang sering mereka dapatkan adalah sembelit. Hypothyroidism, adalah istilah klinis dari kelainan tiroid, yang dicurigai merupakan salah satu penyebab dari sembelit. Jika Anda kesulitan mengatasi kondisi ini, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusinya.

Kita hidup di era dimana sakit kronis telah banyak berkembang dalam kehidupan. Dengan sebagian besar orang bergantung pada obat penahan rasa sakit, yang memiliki efek sembelit kronis. Obat penahan rasa sakit yang serius seperti narkotika, kebanyakan memberi efek pada reseptor dalam saluran pencernaan kita. Setelah narkotika mencapai perut, tidak hanya akan menghentikan rasa sakit melainkan menghentikan hal yang lain juga, seperti buang air besar Anda. Jika Anda menggunakan obat penghilang rasa sakit biasa dan Anda menemukan bahwa Anda harus berjuang dengan sembelit, yang Anda butuhkan adalah pencahar ringan untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Ada saat-saat bahkan ketika orang-orang meminum aspirin atau ibuprofen biasa tetap memiliki masalah dengan sembelit. Obat pencahar ringan dapat mengatasinya.

Baca Juga:  Mengisi Ulang Botol Air Minum Ternyata Membuatnya Penuh Dengan Kuman

Sebagai penyebab sembelit, coklat menjadi sesuatu yang sangat menakjubkan. Pada beberapa orang, coklat dapat membantu meringankan sembelit, pada orang lain, justru coklat dapat menyebabkannya. Jika Anda memiliki kebiasaan memakan coklat yang cukup sering dan Anda menderita sembelit, Anda mungkin bisa memeriksa untuk melihat apakah keduanya berkaitan dalam kasus Anda.

BACA JUGA : Susu Mampu Membuat Kulit Putih Dan Bersinar