Penyebab Sakit Pada Area Punggung Bawah

DokterSehat.Com – Rasa sakit pada punggung bawah kerap kali dialami oleh pria dewasa, khususnya yang telah mencapai usia paruh baya. Disamping karena faktor kesehatan tulang yang memang cenderung menurun di usia yang semakin tua, faktor aktifitas harian yang cukup berat juga bisa menjadi penyebab rasa sakit pada punggung bawah. Selain pria usia paruh baya, wanita hamil, atau mereka yang memiliki riwayat cedera dan sakit punggung sebelumnya juga bisa mengalami rasa sakit ini sewaktu-waktu. Bagi wanita hamil sendiri, kondisi fisik yang memang menjadi lebih berat dan ditambah dengan adanya bayi dalam kandungan membuat punggung bawah menjadi lebih mudah tertekan dan sakit.

doktersehat-nyeri-otot-nyeri-dada

Penyebab dan Risiko Pekerjaan
Rasa sakit pada punggung bawah sering kali disebabkan oleh pekerjaan yang cukup berat. Sebagai contoh, kuli panggul yang sering kali harus mengangkat beban berat pada pundak atau punggung dengan gerakan yang cenderung membungkuk secara berulang-ulang tentu akan beresiko mendapatkan rasa sakit pada punggung bawah. Namun, jangan salah, pekerja kantoran yang cenderung akan duduk dalam waktu yang lama ternyata juga bisa memiliki resiko yang sama, apalagi dengan postur duduk yang sangat buruk, maka resiko mendapatkan rasa sakit pun menjadi lebih besar. Jika kita duduk dalam waktu yang lama, cobalah untuk mengambil waktu untuk meregangkan tubuh setidaknya setiap satu atau dua jam untuk mengurangi resiko mendapatkan rasa sakit pada punggung.

Obesitas, Stress dan Kebiasaan Merokok
Mereka yang memiliki berat badan tidak ideal dan cenderung mengalami obesitas di area pinggang ternyata juga beresiko mendaptkan rasa sakit pada area punggung bawah. Kelebihan berat badan ternyata bisa membuat kondisi fisik menjadi sangat buruk sehingga kondisi otot melemah dan jika dipakai untuk melakukan kegiatan, badan menjadi kurang fleksibel sehingga resiko mendapatkan rasa sakit pun cukup besar. Selain itu, kebiasaan buruk merokok dan juga dalam kondisi stress ternyata juga bisa membuat otot punggung menjadi lebih tegang sehingga beresiko mendapatkan rasa sakit.

Baca Juga:  Minyak Kemiri, Cara Alami Menebalkan Alis Mata

Rasa sakit di punggung bisa terjadi karena gaya hidup dan postur tubuh yang kurang baik. Seberat apapun dalam melakukan aktifitas, kita harus memastikan jika kondisi tubuh kita dalam posisi yang ideal sehingga resiko mendapatkan rasa sakit pada punggung bisa diminalisir.