Penyebab Sakit Kepala Saat Menggigit Es

DokterSehat.Com – Minuman yang dingin akan sangat enak untuk dikonsumsi oleh kita yang tinggal di negeri tropis nan hangat. Selain minuman yang dingin, es krim juga akan sangat enak untuk dimakan di siang hari nan panas dan terik. Beberapa orang ternyata bisa mengalami “brain freeze” saat menggigit es krim atau meminum minuman dingin. Brain freeze ini sendiri bisa membuat kepala menjadi sakit atau setidaknya mengalami sensasi saat menggigit es atau minuman dingin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang menderita sakit kepala migrain akan lebih beresiko mendapatkan brain freeze. Selain itu, peneliti juga berpikir bahwa sensasi sakit kepala ini bisa disebabkan oleh adanya gangguan pada aliran darah saat kita menggigit makanan atau minuman yang dingin.

7190209429_529e3f07ca_o

Saat kita menggigit atau meminum es krim atau minuman dingin, aliran darah ternyata mengalami peningkatan yang terjadi secara mendadak sehingga aliran radah pada pembuluh darah arteri serebral anterior dan peningkatan ini akan segera menghilang jika pembuluh darah arteri akan mengkerut atau mengalami konstraksi. Kondisi ini ternyata berkaitan erat dengan masalah sakit kepala sehingga dianggap bisa menjadi pengobatan baru untuk masalah sakit kepala atau migrain. Sayangnya, masih dibutuhkan beberapa tahapan penelitian lagi mengingat migrain atau sakit kepala juga bisa muncul secara tiba-tiba tanpa bisa diperdiksi.

Penelitian ini sendiri menganalisa aliran darah dari 13 orang dewasa yang mengkonsumsi minuman dingin atau air es yang diyakini bisa memicu sakit kepala. Saat kepala mulai terasa sakit, partisipan akan mengalami sensasi otak yang membeku dan setelah sensasi ini mereda, sakit kepala juga bisa tiba-tiba muncul kembali dan partisipan pun akan kembali mengangkat tangannya.

Baca Juga:  Buah-Buahan Ini Mengatasi Masalah Dehidrasi

Aliran darah pada partisipan yang mengalami sensasi otak membeku ternyata membanjiri otak dan arteri serebral anterior ternyata mengalami pelebaran dengan signifikan ketika kepala mulai terasa sakit karena menggigit atau meminum air es. Pelebaran para arteri serebral interior ini memicu berkurangnya rasa sakit sebagai sebuah cara alami dari otak untuk melakukan pertahanan diri. Otak sendiri ternyata adalah organ yang sangat sensitif dengan suhu sehingga jika kita menggigit atau meminum es, maka otak akan berusaha sebisa mungkin menjaga kehangatan dan kondisi ini bisa memicu rasa sakit layaknya membeku.